IMPLEMENTASI SUPERVISI KLINIS KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN GURU SD NEGERI 2 WAY SERDANG KABUPATEN MESUJI LAMPUNG

Syahrani, Syahrani (2023) IMPLEMENTASI SUPERVISI KLINIS KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN GURU SD NEGERI 2 WAY SERDANG KABUPATEN MESUJI LAMPUNG. Tesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (89kB)
[img] Text
COVER .pdf

Download (816kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (213kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (140kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (121kB)
[img] Text
DAPUS.pdf

Download (238kB)

Abstract

Semua kegiatan, baik yang dilakukan oleh unsur pimpinan maupun oleh bawahan, memerlukan adanya evaluasi. Untuk memastikan pembelajaran, pengajaran dan administrasi pendidikan oleh guru dapat terlaksana dengan baik maka diperlukan pula peran kepala sekolah sebagai supervisor untuk melakukan supervisi pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan supervisi klinis, upaya peningkatan kualitas pembelajaran guru, dan mendeskripsikan kendala dan solusi supervisi klinis kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran guru SD Negeri 2 Way Serdang Kabupaten Mesuji Lampung. Dengan pendekatan deskriptif kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan prosedur observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru terbiasa mengeluarkan keluh kesahnya dalam pembelajaran dengan teman sejawat maupun pimpinan serta berharap mendapat solusi melalui supervisi klinis, Upaya peningkatan kualitas pembelajaran guru oleh kepala sekolah yaitu melalui implementasi supervisi klinis pada 3 indikator utama pembelajaran yaitu: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran guru. Kendala yang ditemui pada supervisi klinis yaitu adanya perubahan kurikulum dan kurang aktifnya dinas pendidikan dalam meningkatkan kemampuan supervisi kepala sekolah. Adapun solusi yang dilakukan kepala sekolah yaitu membentuk Tim Supervisi yang anggotanya terdiri dari guru PNS senior dan membangun komunikasi yang intensif dan efektif terkait pentingnya supervisi klinis.

Item Type: Thesis (Tesis (S2))
Additional Information: 005/PASCA ADMINISTRASI PENDIDIKAN/2023
Uncontrolled Keywords: Supervisi Klinis; Kualitas Pembelajaran.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Pendidikan
300 Ilmu Sosial > Manajemen Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Lina Septriani S
Date Deposited: 25 Jul 2024 03:37
Last Modified: 25 Jul 2024 03:37
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/2946

Actions (login required)

View Item View Item