Nufus, Faridah Hayatun (2020) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN PERAN KOMITE SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI TAMAN KANAK-KANAK SEKECAMATAN TERBANGGI BESAR LAMPUNG TENGAH. Tesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (121kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (233kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (531kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (223kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (271kB) | Preview |
Abstract
Kerja guru adalah hasil kerja guru dalam melaksanakan tugastugas pembelajaran yang mencerminkan kualitas dan keprofesionalannya. Kinerja guru dipengaruhi oleh faktor gaya kepemimpinan dan peran komite sekolah. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah : (1) Ingin mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan terhadap peningkatan kinerja guru di Taman Kanak-Kanak Sekecamatan Terbanggi besar Kabupaten Lampung Tengah. (2) Ingin mengetahui pengaruh peran komite sekolah terhadap peningkatan kinerja guru di Taman Kanak-Kanak Sekecamatan Terbanggi besar Kabupaten Lampung Tengah. (3) Ingin mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan peran komite sekolah secara bersama-sama terhadap peningkatan kinerja guru di Taman Kanak- Kanak Sekecamatan Terbanggi besar Kabupaten Lampung Tengah. Populasi sebanyak 95 dengan sampel yang digunakan sebanyak 49 responden yang diambil menggunakan rumus Slovin. Pengambilan data ini dengan kuesioner dengan menggunakan regresi sebagai alat bantu penelitian. Hasil pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan : (1) Pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja guru memberi pengaruh positif yang signifikan dengan taraf signifikan 0,00 < 0,05. Artinya semakin tinggi pengaruh gaya kepemimpinan, semakin tinggi pula kinerja guru. (2) Pengaruh peran komite sekolah terhadap kinerja guru memberi pengaruh positif yang signifikan dengan taraf signifikan 0,001 < 0,05. Artinya semakin tinggi pengaruh peran komite sekolah, semakin tinggi pula kinerja guru. (3) Pengaruh gaya kepemimpinan secara bersama-sama dengan peran komite sekolah akan meningkatkan kinerja guru. Hubungan ini ditunjukkan dengan persamaan regresi ỹ = 30,049 + 0,202X1 + 0,208 X2. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa semakin baik gaya kepemimpinan dan peran komite sekolah maka akan semakin baik pula kontribusi terhadap kinerja guru. Simpulkan dari hasil penelitian ini adalah gaya kepemimpinan dan peran komite sekolah berpengaruh terhadap kinerja guru di Taman Kanak-Kanak Se-Kecamatan Terbanggi Besar, sehingga gaya kepemimpinan dan peran komite sekolah jika dilaksanakan dan dijalankan dengan maksimal maka kinerja guru akan meningkat.
Item Type: | Thesis (Tesis (S2)) |
---|---|
Additional Information: | 050/Pasca Manajemen Pendidikan/2020 |
Uncontrolled Keywords: | Gaya Kepemimpinan, Peran Komite Sekolah, Kinerja Guru |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > Manajemen Pendidikan |
Divisions: | Pascasarjana > S2 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Asih Kurniasih |
Date Deposited: | 03 Dec 2020 07:38 |
Last Modified: | 03 Dec 2020 07:38 |
URI: | http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/283 |
Actions (login required)
View Item |