PENERAPAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF INTRUCTION DALAM MENGURANGI KEJENUHAN BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP N 1 METRO

Elbiana, Khoirotun (2023) PENERAPAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF INTRUCTION DALAM MENGURANGI KEJENUHAN BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP N 1 METRO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf

Download (256kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Elbiana, Khoirotun. 2023. Penerapan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self instruction dalam mengurangi kejenuhan belajar siswa kelas VII di SMP N 1 Metro. Skripsi. Jurusan Ilmu Pendidikan. Program Studi Bimbingan dan Konseling. FKIP Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing (I) Dr. Eko Susanto, M.Pd., Kons., (II) Mudaim, M.Si. Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Self Instruction, Kejenuhan Belajar Tujuan dari penlitian ini untuk mengetahui apakah layanan bimbingan kelompok dengan teknik self instruction dapat mengurangi kejenuhan belajar siswa kelas VII SMP N 1 Metro. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian yang digunakan adalah pretest-post control group design. Pada dua kelompok tersebut sama-sama dilakukan pretest dan posttest dalam penelitian ini fokus memperoleh data tentang pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik self instruction dalam mengurangi kejenuhan belajar siswa dan teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan yaitu dengan angket kejenuhan belajar. Analis data menggunakan uji t-test dengan aplikasi JASP versi 16.4. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis uji t-tes pada kelompok ekperimen dengan nilai sig 0,001<0,05. Berdasarkan analisis dan pembahasan terdapat perbedaan skor rata-rata angket kejenuhan belajar antara kelompok eksperimen sebesar 2.058 dan kelompok control sebesar 2.438. Walaupun kedua kelompok mengalami penurunan akan tetapi kelompok eksperimen lebih rendah penurunnya daripada kelompok kontrol. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik self instruction dapat mengurangi kejenuhan belajar. Dengan menerapkan teknik self intruction diharapkan dapat menjadi hal yang lebih efektif dalam membantu siswa mengatasi kejenuhan belajar dan mengembangkan kedisiplinan belajar yang baik serta dapat menguji cobakan lagi pada subjek lain.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 036/Bimbingan & Konseling/2023
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Self Instruction, Kejenuhan Belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Bimbingan dan Konseling
300 Ilmu Sosial > Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Bimbingan Konseling
Depositing User: Feri Apriyanto
Date Deposited: 12 Feb 2024 02:17
Last Modified: 12 Feb 2024 02:17
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/2800

Actions (login required)

View Item View Item