EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK SELF REGULATION LEARNING UNTUK MEREDUKSI PROKRASTINASI AKADEMIK PESERTA DIDIK SMA MUHAMMADIYAH 2 METRO

Nurfadhila, Qodrun Nada (2023) EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK SELF REGULATION LEARNING UNTUK MEREDUKSI PROKRASTINASI AKADEMIK PESERTA DIDIK SMA MUHAMMADIYAH 2 METRO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf

Download (129kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nurfadhila, Qodrun Nada. 2023. Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Self Regulation Learning Untuk Mereduksi Prokrastinasi Akademik Peserta Didik Di SMA Muhammadiyah 2 Metro. Skripsi. Jurusan Ilmu Pendidikan. Program Studi Bimbingan dan Konseling. FKIP Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing (I) Dr. Agus Wibowo, M.Pd, (II) Dr. Eko Susanto, M.Pd.Kons. Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Teknik Self Regulation Learning. Prokrastinasi Akademik Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik self regulation learning untuk mereduksi prokrastinasi akademik peserta didik di SMA Muhammadiyah 2 Metro. Jenis Penelitian jenis Pre-Eksperimental Designs dengan bentuk one group pretest-posttest design, dalam penelitian ini terdapat kegiatan pretest yang akan diberikan pada awal kegiatan penelitian untuk melihat seberapa tinggi tingkat prokrastinasi akademik yang dialami peserta didik, kemudian diberikan perlakuan dengan layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik self regulation learning lalu setelah itu akan diadakan posttest untuk melihat tingkat perbedaan yang muncul. Analisis data dengan paired sampel t test menggunakan bantuan software JASP v.16.4. Hasil penelitian dan analisis statistik yang dilakukan dengan membandingkan hasil pre test dan pos test untuk melihat perbedaan skor yang didapatkan terbukti efektif menurunkan tingkat prokrastinasi akademik. Hasil pre test menunjukkan skor rata-rata (M=4,175). Sedangkan setelah perlakuan, peserta didik memperoleh nilai skor rata-rata post test (M=1,599). Berdasarkan perbandingan nilai pre test dan post tes data memiliki selisih (M=2,576). Guru BK perlu memanfaatkan program bimbingan kelompok self-regulation learning untuk mengatasi prokrastinasi akademik siswa. Orang tua juga harus dilibatkan dalam pelatihan khusus tentang bagaimana mereka dapat membantu memantau belajar anak-anak mereka. Penelitian selanjutnya sebaiknya mengeksplorasi penggunaan self-regulation learning dalam berbagai layanan bimbingan dan konseling, termasuk layanan individu untuk siswa dengan tingkat prokrastinasi akademik tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 047/Bimbingan & Konseling/2023
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Teknik Self Regulation Learning. Prokrastinasi Akademik
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Bimbingan dan Konseling
300 Ilmu Sosial > Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Bimbingan Konseling
Depositing User: Feri Apriyanto
Date Deposited: 06 Feb 2024 07:58
Last Modified: 06 Feb 2024 07:58
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/2777

Actions (login required)

View Item View Item