Pengaruh Variasi Adsorben Terhadap Kadar Air dan Bilangan Peroksida Minyak Jelantah Hasil Pemurnian Sebagai Sumber Belajar Dalam Bentuk Poster Edukatif

Prastica, Nadya Ayu (2019) Pengaruh Variasi Adsorben Terhadap Kadar Air dan Bilangan Peroksida Minyak Jelantah Hasil Pemurnian Sebagai Sumber Belajar Dalam Bentuk Poster Edukatif. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

[img] Text
BAB I.docx

Download (31kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (47kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (23kB)

Abstract

Minyakjelantahadalahminyakgoreng yang telahdigunakanuntukmenggorengberulangkali.Sebagianbesarminyakjelantahbiasanyasudahrusak (dari segi warna, bau, rasa, dan tingkat kejernihannya) serta kandungan dari minyak jelantah tersebut dapat membahayakanbagikesehatan.Komposisiminyakjelantahmengandungsenyawa-senyawa yang bersifatkarsinogenik yang terbentukselama proses penggorengan.Untukmengurangiresikokesehatanakibatpemakaianminyakjelantahperludilakukanupayapengolahanminyakbekasuntukmeningkatkankualitasnya.Salah satumetodeuntukmemperbaikimutu minyak jelantah adalah adsorbsi yang menggunakanadsorbendaribahanalami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi adsorben terhadap kadar air dan bilangan peroksida dalam pemurnian minyak jelantah, untuk mengetahui variasi adsorben yang paling berpengaruh terhadap kadar air dan bilangan peroksida minyak jelantah hasil pemurnian, dan untuk mengetahui apakah hasil penelitian dapat digunakan sebagai sumber belajar biologi berupa poster edukatif. Penelitian ini menggunakan metode RAL (Rancangan Acak Lengkap), dengan 5 perlakuan yaitu ampas kelapa, kulit cangkang telur, arang tempurung kelapa, campuran ampas kelapa dengan kulit cangkang telur, dan campuran ampas kelapa dengan arang tempurung kelapa. Serta 1 kontrol yang tidak diberikan perlakuan adsorben. Hasil penelitian menggunakan ANNAVA Satu Arah, menunjukkan bahwa dalam proses pemurnian minyak jelantah pada bilangan peroksida didapatkan hasil F_hitung= 1,02279dan F_tabel = 5,99, hal tersebut menunjukkan bahwa campuran ampas kelapa dengan cangkang telur memberikan pengaruh baik. Sedangkan pada kadar air didapatkan hasil F_hitung= 0,1538dan F_tabel = 5,99 hal tersebut menunjukkan bahwa adsorben campuran ampas kelapa dengan arang tempurung kelapa berpengaruh baik dalam proses pemurnian minyak jelantah pada kadar air. Hasil penelitian berupa poster ini dapat digunakan sebagai sumber belajar biologi karena poster yang telah dibuat dapat dikatakan layak dengan aspek materi 87% dan aspek desain 94%.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Creators:
CreatorsNIM/NPMEmail
Prastica, Nadya AyuUNSPECIFIEDnadyaayuprastica@gmail.com
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
UNSPECIFIEDMulyani, MulyaniUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDSartika, WidyaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDRatini, RatiniUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pemurnian, Minyak Jelantah, Kadar Air dan Peroksida
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Ratih Halimatus Sa'diyah
Date Deposited: 11 Dec 2019 04:05
Last Modified: 11 Dec 2019 04:05
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/26

Actions (login required)

View Item View Item