PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN REPLIKA PETA BUDAYA PADA MATERI INDAHNYA KEANEKARAGAMAN NEGERIKU TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 1 BUMI AYU TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Yunia, Rizka Selia (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN REPLIKA PETA BUDAYA PADA MATERI INDAHNYA KEANEKARAGAMAN NEGERIKU TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 1 BUMI AYU TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (775kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rizka Selia Yunia. 2023 Pengaruh Media Pembelajaran Replika Peta Budaya pada Materi Indahnya Keanekaragaman Negeriku terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 1 Bumi Ayu Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi. Program Studi Pendidikan Sejarah. Pembimbing (I). Bobi Hidayat, M.Pd., Pembimbing (II) Dra. Hj. Elis Setiawati, M.Pd. Keberhasilan peserta didik dalam memperoleh hasil belajar yang optimal ditentukan oleh faktor internal dan eksternal. Salah satu faktor eksternal yang dapat mempengaruhi hasil belajar adalah pembelajaran yang diselenggarakan oleh guru di kelas. Dalam pembelajaran tentunya membutuhkan media yang dapat mengantarkan isi atau materi kepada peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh media pembelajaran Replika Peta budaya terhadap hasil belajar peserta didik. Metode yang digunakan dalam melakukan penelitian adalah metode kuantitatif. Dalam metode kuantitatif penelitian ini mengukur hasil belajar siswa dengan tes kemudian dilakukan penskoran sehingga mendapatkan nilai hasil belajar. Setelah itu, dianalisis menggunakan statistika dengan menguji pengaruh pembelajaran terhadap hasil belajar dengan menggunakan uji-t. Metode ini digunakan karena peneliti bermaksud mengumpulkan data hasil belajar melalui serangkaian tes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik di SD Negeri 1 Bumi Ayu dengan sampel penelitian yaitu kelas IV yang terdiri dari dua kelas. Instrumen penelitian menggunakan soal tes, dan analisis data mengggunakan formulasi uji-t (uji Beda). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik yang pembelajarannya menggunakan media replika peta budaya (kelas eksperimen) memperoleh hasil belajar dengan rata-rata yang lebih tinggi dari pada peserta didik yang diberikan pembelajaran secara konvensional (kontrol) dengan menggunakan media gambar. Hasil uji beda menunjukkan bahwa nilai t hitung > t tabel . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran replika peta budaya terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV di SD Negeri 1 Bumi Ayu. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Replika Peta Budaya, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 006/Pendidikan Sejarah/2023
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Replika Peta Budaya, Hasil Belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Pendidikan
900 Sejarah dan Geografi > Ilmu Sejarah
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Feri Apriyanto
Date Deposited: 24 Jan 2024 02:19
Last Modified: 24 Jan 2024 02:19
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/2513

Actions (login required)

View Item View Item