PENGEMBANGAN E- MODUL MATEMATIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN APLIKASI EXE-LEARNING DI MTs RAUDHATUL JANNAH

Ahmad, Nur Afrizal (2023) PENGEMBANGAN E- MODUL MATEMATIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN APLIKASI EXE-LEARNING DI MTs RAUDHATUL JANNAH. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (558kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf

Download (315kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Peserta didik sering mengalami kesulitan ketika memahami materi matematika terutama pada konsep penyelesaian masalah. Tak dapat dipungkiri bahwa matematika berkaitan erat dengan kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, perlu diadakan suatu bahan ajar yang dapat mengasah cara penyelesaian masalah serta mendorong pola berpikir untuk lebih kritis. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan e-modul berbasis PBL berbantu exe-learning yang dapat membantu siswa memahami materi dengan menyisipkan gambar, audio dan video materi pembelajaran. Dengan jumlah responden pada penelitian ini sebanyak 10 siswa kelas VII MTs Raudhatul Jannah. Hasil tahap uji validasi media yang dilakukan oleh pakar ahli diperoleh kriteria “valid” dengan persentase sebesar 81,5%. Respon siswa terhadap e-modul matematika pada materi penyajian data MTs kelas VII pada uji coba kelompok kecil diperoleh skor ratarata sebesar 89% dengan kriteria “sangat praktis”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan e-modul matematika berbasis problem based learning (PBL) dengan menggunakan aplikasi exe-learning sangat efektif digunakan pada proses pembelajaran kelas VII MTs Raudhatul Jannah Sidokerto Kata kunci: e-modul, exe-learning, problem based learning

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 009/Pendidikan Matematika/2023
Uncontrolled Keywords: E-modul, Exe-learning, Problem Based Learning
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Pendidikan
500 Ilmu Murni > Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Feri Apriyanto
Date Deposited: 18 Jan 2024 07:15
Last Modified: 18 Jan 2024 07:15
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/2370

Actions (login required)

View Item View Item