ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA

Rohmah, Nisfathur (2023) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf

Download (107kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan siswa dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan tahapan pemecahan masalah Polya ditinjau dari kemampuan awal siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Metro. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri, serta instrumen pelengkap berupa soal tes pemecahan masalah matematika sebanyak 3 butir soal dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan awal tinggi mengalami kesulitan pada tahap melaksanakan rencana dan kesulitan tahap memeriksa kembali. Kesulitan yang dialami siswa karena belum mampu melaksanakan strategi untuk memecahkan persoalan matematika, serta belum mampu memeriksa kembali kebenaran dari penyelesaian yang dikerjakan. Pada siswa dengan kemampuan awal sedang kesulitan yang dialami yaitu pada tahap merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana dan tahap memeriksa kembali. Kesulitan yang dialami siswa karena belum mampu menentukan strategi untuk penyelesaian masalah, belum mampu melaksanakan strategi untuk memecahkan persoalan matematika, serta belum mampu memeriksa kembali kebenaran dari penyelesaian yang dikerjakan. Sedangkan pada siswa dengan kemampuan awal rendah mengalami kesulitan di setiap tahapan pemecahan masalah yaitu siswa belum mampu memahami permasalahan matematika serta menyebutkan informasi yang diketahui dan ditanyakan pada soal, belum mampu menentukan strategi untuk penyelesaian masalah, belum mampu melaksanakan strategi untuk memecahkan persoalan matematika, serta belum mampu memeriksa kembali kebenaran dari penyelesaian yang dikerjakan. Kata kunci: Kemampuan Awal; Kesulitan Pemecahan Masalah; Polya

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 012/Pendidikan Matematika/2023
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Awal, Kesulitan Pemecahan Masalah, Polya
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Pendidikan
500 Ilmu Murni > Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Feri Apriyanto
Date Deposited: 18 Jan 2024 03:27
Last Modified: 18 Jan 2024 03:27
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/2350

Actions (login required)

View Item View Item