PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI POLA BILANGAN KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 WAY JEPARA

Putri, Via Milenia (2023) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI POLA BILANGAN KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 WAY JEPARA. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (703kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (488kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (588kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (407kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video animasi pembelajaran berbasis kontekstual pada materi pola bilangan yang valid, praktisdan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas. Penelitian danpengembangan ini menggunakan model 4-D (Define, Design, Develop,Disseminate). Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah 1 Way JeparaLampung Timur. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah1 Way Jepara Lampung Timur. Objek penelitian adalah video animasipembelajaran berbasis kontekstual pada materi pola bilangan. Instrumenpengumpulan data yang digunakan berupa lembar wawancara, dan lembarangket. Uji validasi dilakukan oleh 6 validator ahli dan uji kepraktisan dilakukankepada 10 responden peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, dapatdisimpulkan bahwa video animasi pembelajaran berbasis kontesktual padamateri pola bilangan dinyatakan sangat valid, sangat praktis dan efektifdigunakan dalam pembelajaran dikelas. Dengan rata-rata persentase hasilvalidasi sebesar 80.6% masuk dalam kriteria sangat valid, rata-rata persentasehasil uji kepraktisan sebesar 84.5% masuk dalam kriteria sangat praktis dan hasilbelajar menunjukkan bahwa nilai rata-rata sesudah menggunakan video animasipembelajaran lebih tinggi 50.9 daripada sebelum menggunakan video animasipebelajaran berbasis kontekstual dan dilakukan pengujian hipotesismenggunakan uji-t diperoleh dan pada tarafsignifikansi 5%. Karena maka ditolak dan diterima, artinyaada pengaruh terhadap hasil belajar setelah menggunakan media video animasi pembelajaran berbasis kontekstual dan hasil belajar sesudah menggunakanvideo animasi pembelajaran berbasis kontekstual meningkat 0.78 yang termasuk dalam kriteria tinggi dalam uji-Gain. Artinya video animasi pembelajaran berbasiskontekstual pada materi pola bilangan efektif digunakan dalam pembelajarandikelas dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci : efektif, kontekstual, pengembangan, video animasi.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 015/Pendidikan Matematika/2023
Uncontrolled Keywords: Efektif, Kontekstual, Pengembangan, Video Animasi
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Pendidikan
500 Ilmu Murni > Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Feri Apriyanto
Date Deposited: 18 Jan 2024 02:53
Last Modified: 18 Jan 2024 02:53
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/2345

Actions (login required)

View Item View Item