PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBENTUK LEAFLET DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION DISERTAI QR CODE PADA MATERI SPLDV KELAS X DI SMA NEGERI 1 BATANGHARI

Echjia, Riski (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBENTUK LEAFLET DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION DISERTAI QR CODE PADA MATERI SPLDV KELAS X DI SMA NEGERI 1 BATANGHARI. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (861kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Bahan aja yang digunakan di SMAN 1 Batanghari masih menggunakan bahan ajar cetak erlangga tahun 2013, sehingga untuk lebih memotivasi peserta didik dalam belajar diperlukan inovasi bahan ajar yang menarik sebagai pendamping bahan ajar yang ada, seperti halnya leaflet Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar berupa leaflet dengan pendekatan realistic mathematic education disertai qr code pada materi spldv yang valid dan praktis. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE, yaitu analiys, design, development, implementation, evaluate. Pada pengembangan ini tidak melakukan tahap implementation karena tujuannya hanya berfokus pada pengembangan dan menghasilkan produk yang valid dan praktis. Subjek penelitian pengembangan ini adalah peserta didik kelas X IPA 1 SMA N 1 Batanghari dengan jumlah 12 peserta didik yang diambil secara random. Penelitian pengembangan ini melalui tahapan uji validasi ahli materi dan bahasa dan ahli desain untuk mengetahui tingkat kevalidan dari produk yang dikembangkan. Hasil rata-rata persentase uji validasi ahli materi dan bahasa dan ahli desain diperoleh 84% yang berarti bahan ajar yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat valid. Hal ini mencakup persentase hasil uji validasi ahli materi dan bahasa diperoleh 82% yang berarti termasuk dalam kategori sangat valid. Sedangkan persentase hasil uji validasi ahli desain diperoleh 86% yang berarti termasuk dalam kategori sangat valid. Adapun hasil uji kepraktisan bahan ajar yang dikembangkan diperoleh rata-rata persentase 90% yang termasuk dalam kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil uji validasi dan uji kepraktisan maka bahan ajar leaflet dengan pendekatan realistic mathematic education disertai qr code pada materi spldv dinyatakan sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan. Kata kunci: Leaflet; Realistic Mathematic Education; Qr Code.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 017/Pendidikan Matematika/2023
Uncontrolled Keywords: Leaflet; Realistic Mathematic Education; Qr Code.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Pendidikan
500 Ilmu Murni > Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Feri Apriyanto
Date Deposited: 18 Jan 2024 02:35
Last Modified: 18 Jan 2024 02:35
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/2341

Actions (login required)

View Item View Item