IMPLEMENTASI KOMPETENSI PEDAGOGIK DALAM PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN BAGI GURU BERSERTIFIKASI DI UPTD SATUAN PENDIDIKAN SMP NEGERI 2 TRIMURJO LAMPUNG TENGAH

Arilitawati, Arilitawati (2020) IMPLEMENTASI KOMPETENSI PEDAGOGIK DALAM PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN BAGI GURU BERSERTIFIKASI DI UPTD SATUAN PENDIDIKAN SMP NEGERI 2 TRIMURJO LAMPUNG TENGAH. Tesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (69kB) | Preview
Official URL: http://eprints.ummetro.ac.id

Abstract

Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) diarahkan untuk dapat memperkecil jarak antara pengetahuan, ketrampilan, kompetensi sosial dan kepribadian yang mereka miliki, sekarang dengan apa yang menjadi tuntutan ke depan berkaitan dengan profesinya. Bagi guru-guru yang yang hasil penilaian kinerjanya masih berada di bawah standar Kompetensi (berkinerja rendah), diwajibkan mengikuti program PKB yang diorientasikan Untuk mencapai standar kompetensi, kegiatan PKB diarahkan kepada peningkatan keprofesian agar dapat memenuhi tuntutan dalam rangka memberikan layanan pembelajaran yang berkualitas kepada peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitian menggunakan studi kasus Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik, implementasi kompetensi pedagogik dalam pengembangan keprofesian berkelanjutan bagi guru bersertifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi kompetensi pedagogik bahwa masih ada guru yang belum setara dengan sarjana,guru kurang memahami katakter siswa dan tidak mampu menguasai materi ,Penyususun RPP masih copy paste,kurangnya kreatifitas guru membuat alat peraga dan dukungan /sarana dan prasarana kurang memadai; 2. Fungsi kompetensi pedagogik, agar melaksanakan tugas guru sebagi sumber ilmu, dapat menguasai karakteristik siswa, menguasai materi dan teknik, menciptakan media yang inovatif, mengevaluasi dari proses pembelajaran dan memberikan motivasi anak didik dalam belajar serta mengikuti perkembangan teknologi sebagai sumber informasi untuk meningkatkan kualitas mutu pendidik; 3) Kendala dalam pengembangan keprofesian berkelanjutan guru bersertifikasi maupun belum, adanya sosialisasi agar dalam melaksanakn kegiatan komponen PKB,kegiatan yang dilaksanakan oleh para guru, sekolah, Dinas; 4 Solusi dan kendala dalam PKB guru bersertifikasi dan yang belum agar melakukan kegiatan pengembangan diri dari sekolah dengan anggaran yang terprogramkan untuk pelatihan-pelatihan, seminar, wrokshop, IHT dan kegiatan yang relevan dengan peningkatan mutu pendidikan yang terprogram dari sekolah,walaupun belum optimal tetapi dapat menjadi guru lebih baik, dan profesional.

Item Type: Thesis (Tesis (S2))
Creators:
CreatorsNIM/NPMEmail
Arilitawati, Arilitawatinpm18720046UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorKarwono, Karwononidn0025035309UNSPECIFIED
Thesis advisorDacholfany, Ihsannidn0229077501UNSPECIFIED
Thesis advisorSantoso, Handokonidn0023126010UNSPECIFIED
Additional Information: 067/Pasca Manajemen Pendidikan/2020
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik, Pengembangan Keprofisian Berkelanjutan
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: Asih Kurniasih
Date Deposited: 12 Nov 2020 03:01
Last Modified: 04 Nov 2021 06:09
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/196

Actions (login required)

View Item View Item