PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SENSITIVITY CONSIDERATION PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK UNTUK MENINGKATKAN KEPEDULIAN SOSIAL DI PONDOK SMA KULIYATUL MU’ALIMIN LI TAHFIZIL QUR’AN IMADUL BILAD METRO

Fadilla, Vicha Dita (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SENSITIVITY CONSIDERATION PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK UNTUK MENINGKATKAN KEPEDULIAN SOSIAL DI PONDOK SMA KULIYATUL MU’ALIMIN LI TAHFIZIL QUR’AN IMADUL BILAD METRO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf

Download (144kB) | Preview
Official URL: https://eprints.ummetro.ac.id/

Abstract

Pembelajaran adalah proses interaksi antar peserta didik dan pendidik serta sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Penggunaaan model pembelajaran sangat mempengaruhi keberhasilan dari tujuan pembelajaran. Penerapan model pembelajaran sensitivity consideration diterapkan dengan tujuan untuk mengetahui dan meningkatkan tingkat kepedulian sosial siswa serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari penerapan model sensitivity consideration. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode PTK(penelitian tindakan kelas). Dengan teknik analisis uji validitas Expert Judgement dan validitas mengkorelasikan skor menggunakan korelasi Product Moment. Kriteria pengambilan keputusannya ialah, jika rhitung ≥ rtabel maka instrumen atau item pernyataan tersebut dinyatakan valid .Dengan subjek penelitian adalah santri kelas XI di SMA Kuliyatul Mu’alimin Li Tahfidzil Qur’an dengan jumlah 13 santri. Hasil penelitian: 1). pratindakan menghasilkan hasil rata-rata dari 6 indikator adalah 64,58. 2). Hasil kegiatan siklus I pada kegiatan observasi didapatkan hasil rata-rata dari 4 indikator adalah 70,31 dan hasil angket dengan ratarata 70. 3). siklus II diperoleh hasil observasi dengan rata-rata 76,13 dan hasil angket 86,8. Dari kegiatan yang dilakukan diketahui tingkkepedulian sosial santri. Pada setiap tindakan hasil yang didapat terjadi peningkatan .Hasil observasi dan angket. Dengan hasil ini menggambarkan bahwa model pembelajaran ini dapat memberikan peningkatan kepedulian sosial santri . Sehingga dapat disimpulkam model pembelajaran ini dapat mengetahui serta mampu meningkatkan kepedulian sosial sehingga faktor pendukung dan penghambat dapat di ketahui dari hasil ekperimen penelitian ini. Sehingga tepat untuk diterapkan dalam pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran yang berhubungan dengan ranah afektif.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 013/PAI/2022
Uncontrolled Keywords: sensitivity consideration, Kepedulian Sosial, Model Pembelajaran
Subjects: 200 Agama > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khusnul Nisa A
Date Deposited: 14 Dec 2022 07:29
Last Modified: 14 Dec 2022 07:29
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1870

Actions (login required)

View Item View Item