Wartini, Wartini (2022) STRATEGI GURU TAHFIDZ DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MUROJA’AH AL-QUR’AN PADA SANTRI PONDOK PESANTREN AISYIYAH IMADUL BILAD KOTA METRO LAMPUNG. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (602kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf Download (269kB) | Preview |
Abstract
Al-Qur’an merupakan kitab suci sebagai petunjuk dan pedoman hidup untuk orang-orang yang benar-benar beriman agar mereka biasa hidup dengan selamat dan bahagia didunia sampai Akhirat. Kita sebagai umat Islam harus mengamalkan dari salah satu amalan saleh yaitu senantiasa membaca, menghafal, memuroja’ah kitab Allah SWT, dan amalan-amalan yang lainya pun harus diamalkan dengan baik. Dengan itu menghafal Al-Qur’an merupakan cara orang-orang yang beriman menjaga keorisinalitasnya yaitu untuk menjadi hafidzoh sebagai umat Islam yang sebenar-benarnya. Tiga pembahasan yang diterapkan pada santri di Pondok Pesantren Aisyiyah Imadul Bilad Kota Metro, terdiri atas: Strategi dalam meningkatkan kualitas muroja’ah Al-Qur’an pada Santri SMP Pondok P pesantren Aisyiyah KMT Imadul Bilad Kota Metro Lampung, faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas muroja’ah Al-Qur’an pada santri SMP Pondok Pesantren Aisyiyah KMT Imadul Bila Kota Metro Lampung, kendala dan solusi guru tahfidz dalam meningkatkan kualitas muroja’ah Al -Qur’an pada santri SMP Pondok Pesantren Aisyiyah KMT Imadul Bilad Kota Metro Lampung. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dipaparkan, maka dapat disimpulkan, Strategi dalam meningkatkan kualitas muroja’ah Al -Qur’an sebagai berikut: Secara umum strategi muroja’ah Al-Qur’an sebagian besar sudah diterapkan dalam meningkatkan kualitas muroja’ah Al -Qur’an pada santri. Beberapa strategi yang diterapkan di SMP Pondok Pesantren Aisyiyah KMT Imadul Bilad Kota Metro Lampung sebagai berikut : Satu hari setelah menghafal Al-Qur’an langsung dimuroja’ah dengan ustadzahnya, tiga bulan sekali mengadakan tasmik, 5 juz sekali duduk, dan Enam bulan sekali mengadakan tasmik akbar bersama guru besar di SMP PPA KMT Imadul Bilad Lampung. Dengan demikian, hafalan santri akan berpindah kememori ingatan jangka panjang. Artinya harus memiliki komitmen serta istiqomah yang kuat serta iklas dalam memuroja’ah Al-Qur’an.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Additional Information: | 009/PAI/2022 |
Uncontrolled Keywords: | Meningkatkan Muroja’ah Al -Qur’an Santri |
Subjects: | 200 Agama > Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Khusnul Nisa A |
Date Deposited: | 09 Dec 2022 03:18 |
Last Modified: | 09 Dec 2022 03:18 |
URI: | http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1842 |
Actions (login required)
View Item |