EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PBL (Problem-Based-Learning) DENGAN SOAL ANIMASI TERHADAP NILAI KOGNITIF SISWA KELAS XI SMA

Damayanti, Damayanti (2022) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PBL (Problem-Based-Learning) DENGAN SOAL ANIMASI TERHADAP NILAI KOGNITIF SISWA KELAS XI SMA. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
2. COVER.pdf

Download (783kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I YANTI.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III yanti.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V yanti.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR LITERATUR.pdf

Download (91kB) | Preview
Official URL: https://eprints.ummetro.ac.id/

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas model PBL (Problem Based Learning) dengan soal animasi terhadap nilai kognitif siswa kelas XI pada materi Sistem Gerak pada Manusia di SMAN 1 Jabung. Jenis penelitian adalah eksperimen semu dengan menggunakan teknik non-equivalent control group design. Peneliti menggunakan 2 kelompok Sampel yaitu Kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dengan 29 peserta didik yang menggunakan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dengan soal animasi dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dengan 30 peserta didik dengan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) tanpa soal animasi. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes berupa soal pilihan ganda yaitu pretest dan posttest. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan uji-t dari hasil posttet kelas eksperimen 78,84 dan kelas kontrol 65,2 memperoleh t (17,48>2,00). Kemudian keefektifan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dengan soal animasi diketahui dengan nilai gain score pada kelas eksperimen 0,55 (sedang). Kelas kontrol nilai gain score 0,32 (sedang). Jadi dapat disimpulkan bahwa kelas yang menggunakan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dengan soal animasi dan kelas yang menggunakan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) tanpa soal animasi sama-sama efektif dalam meningkatkan nilai kognitif siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Jabung.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 009/Pend. Biologi/2022
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; model pembelajaran Problem Based Learning dengan soal animasi
Subjects: 500 Ilmu Murni > Biologi, Ilmu Hayati
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Khusnul Nisa A
Date Deposited: 07 Dec 2022 03:50
Last Modified: 07 Dec 2022 03:50
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1817

Actions (login required)

View Item View Item