PENGARUH KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN KEPALA SEKOLAH DAN KINERJA GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 1 WAY JEPARA LAMPUNG TIMUR

RAHINO, RAHINO (2022) PENGARUH KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN KEPALA SEKOLAH DAN KINERJA GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 1 WAY JEPARA LAMPUNG TIMUR. Tesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (390kB) | Preview
Official URL: http://eprints.ummetro.ac.id

Abstract

Motivasi belajar yang tumbuh dari siswa dapat dirangsang atau dipicu oleh kehadiran guru dan kepala sekolah. Kepala sekolah dan guru dapat bersinergi membangkitkan, membangun dan menumbuhkan motivasi belajar siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Motivasi belajar siswa di Sekolah Menengah Atas (SMA) Muhammadiyah 1 Way Jepara Lampung Timur tergolong rendah dilihat dari tingkat kehadiran dan partsipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran. Tingkat kehadiran siswa rata – rata dalam 2 tahun terakhir kurang dari 70 %. Rendahnya motivasi belajar ini diindikasikan oleh kepempimpinan pembelajaran kepala sekolah dan kinera guru yang selama ini tidak berjalan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah terhadap motivasi belajar siswa, pengaruh kinerja guru terhadap motivasi belajar siswa dan pengaruh kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dan kinerja guru secara simultan terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan causal comparative. Pengumpulan data primer penelitian menggunakan kuisioner atau angket dan selanjutnya data dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS versi 26. Dari hasil analisis data diperoleh tidak terdapat hubungan positif kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah terhadap motivasi belajar siswa tetapi kinerja guru memiliki pengaruh postif terhadap motivasi belajar siswa sedangkan kepmimpinan pembelajaran kepala sekolah dan kinera guru secara simultas berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa

Item Type: Thesis (Tesis (S2))
Additional Information: 009/2022/S2 Manajemen Pendidikan
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar; Kepemimpinan Pembelajaran; Kinerja Guru
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Manajemen Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Administrasi Pendidikan
Depositing User: intan arum sari
Date Deposited: 07 Dec 2022 03:02
Last Modified: 07 Dec 2022 03:02
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1807

Actions (login required)

View Item View Item