IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMP NEGERI 2 KALIREJO KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

Septylina, Septylina (2022) IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMP NEGERI 2 KALIREJO KABUPATEN LAMPUNG TENGAH. Tesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (584kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (547kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (893kB) | Preview
Official URL: https://eprints.ummetro.ac.id/

Abstract

Masyarakat mempunyai harapan yang berlebih terhadap guru. Keberhasilan atau kegagalan sekolah sering dialamatkan kepada guru. Justifikasi masyarakat tersebut dapat dimengerti karena guru adalah sumber daya yang aktif, sedangkan sumber daya-sumber daya yang lain adalah pasif. Oleh karena itu, sebaik-baiknya kurikulum, fasilitas, sarana dan prasarana pembelajaran, tetapi jika kualitas gurunya rendah maka sulit untuk mendapatkan hasil pendidikan yang bermutu tinggi. Kehadiran supervisi digunakan untuk memajukan pembelajaran melalui pertumbuhan kemampuan gurugurunya.Supervisi mendorong guru menjadi lebih berdaya, dan situasi mengajar belajar menjadi lebih baik, pengajaran menjadi efektif, guru menjadi lebih puas dalam melekasanakan pekerjaannya.Dengan demikian sistem pendidikan dapat berfungsi sebagaimana mestinya dalam usaha mencapai tujuan pendidikan. Prestasi kerja atau sering disebut sebagai kinerja adalah hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan kepadanya. Kinerja atau prestasi kerja dapat juga diartikan sebagai ungkapan kemampuan yang didasari oleh pengetahuan, sikap, keterampilan, dan motivasi dalam menghasilkan sesuatu. Sedangkan guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi hasil pembelajaran peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh “Implementasi Supervisi Akademik Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMP Negeri 2 Kalirejo Lampung Tengah”. Pada perencanaan program supervisi akademik, pelaksanaan supervisi akademik dan tindak lanjut hasil supervsi akademik dalam usaha meningkatkan kinerja guru . Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan model analisis dan mengalir, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data yang diperoleh menggunakan cara triangulasi metode. Penelitian dilakukan di SMP negeri 2 Kalirejo, Kecamatan Kalirejo Kabupaten lampung Tengah . Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru dan obyek penelitian ini adalah pelaksanaan supervisi akademik dalam meningkatkan kinerja guru . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah yang mencakup perencanaan/persiapan supervisi akademik, Kepala sekolah merencanakan program supervisi akademik dalam meningkatkan kinerja guru dan dampak dari perencanaan tersebut kepala sekolah sudah membuat tim supervisi akademik dengan baik lalu tim supervisi yang telah dibentuk dan merumuskan tujuan supervisi akademik, menentukan indikator/sasaran supervisi akademik, dan membuat jadwal supervisi, serta mempelajari instrumen supervisi yang akan digunakan dalam monitoring setelah itu.

Item Type: Thesis (Tesis (S2))
Additional Information: 020/Pasca Manajemen Pendidikan/2022
Uncontrolled Keywords: Supervisi Akademik, Kinerja Guru
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Manajemen Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Khusnul Nisa A
Date Deposited: 05 Dec 2022 04:10
Last Modified: 05 Dec 2022 04:10
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1749

Actions (login required)

View Item View Item