UPAYA MEMBERANTAS BUTA HURUF AL-QUR'AN MELALUI LINGKUNGAN YANG ISLAMI DI PONDOK MUHAMMADIYAH DARUL HIKMAH PURBOLINGGO LAMPUNG TIMUR

Anam, Syaiful (2022) UPAYA MEMBERANTAS BUTA HURUF AL-QUR'AN MELALUI LINGKUNGAN YANG ISLAMI DI PONDOK MUHAMMADIYAH DARUL HIKMAH PURBOLINGGO LAMPUNG TIMUR. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf

Download (226kB) | Preview
Official URL: https://eprints.ummetro.ac.id/

Abstract

Al-Qur’an menjadi sumber pedoman bagi umatnya untuk meraih keselamatan dan kebahagiaan di dunia dan akhirat. Maka merupakan keutamaan bagi umat Islam untuk selalu membudayakan kebiasaan membaca, mempelajari dan mengambil hikmah (tadabbur) Al-Qur’an.di dalam pondok pesantren tidak semua santri mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar terutama santri yang baru masuk.mereka masih banyak yang terbata-bata baik itu tajwid,takhsin dan tartil. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ragam program pemberantasan buta huruf Al-Qur’an melalui lingkungan yang Islami yang diselenggarakan, faktor penghambat dan pendukung Pondok Pesantren Muhammadiyah Darul Hikmah Purbolinggo dalam menyelenggarakan program pemberantasan buta huruf AlQur’an melalui lingkungan yang Islami di Pondok Pesantren Muhammadiyah Darul Hikmah Purbolinggo lampung timur. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, dan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi menggunakan analisis deskriptif yang respondennya merupakan santri di pondok pesantren Muhammadiyah Darul Hikmah Purbolinggo. Berdasarkan penelitian dapat di simpulkan bahwa: Pondok Pesantren Muhammadiyah Darul Hikmah berupaya memberantas buta huruf Al-Qur’an melalui lingkungan yang Islami. Salah satunya dengan menerapkan sistem asrama terintegrasi di mana mulai tahun ajaran 2018-2019 tempat belajar siswa tingkat MTs/SMA, baik pelajaran formal maupun non formal berada di pondok pesantren (24 jam),Faktor penghambat meliputi: kurangnya semangat belajar santri dan dukungan dari warga lingkungan sekitar,pengasuh pondok tidak bisa memantau secara maksimal, kurangnya kesadaran dari pribadi santri. Faktor pendukung meliputi: adanya sarana dan prasarana yang mencukupi, dukungan pendidik, adanya dukungan penuh dari warga lingkungan pondok pesantren.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 003/PAI/2022
Uncontrolled Keywords: Memberantas Buta Huruf, Pedoman Al-Qur’an, Lingkungan Islami
Subjects: 200 Agama > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khusnul Nisa A
Date Deposited: 24 Nov 2022 07:03
Last Modified: 24 Nov 2022 07:03
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1681

Actions (login required)

View Item View Item