PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERINTEGRASI NILAI-NILAI KARAKTER PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS XI

Oktaviana, Eva (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERINTEGRASI NILAI-NILAI KARAKTER PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS XI. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR LITERATUR.pdf

Download (21kB) | Preview
Official URL: https://eprints.ummetro.ac.id/

Abstract

Tujuan eksperimen pengembangan ini menghasilakan produk bahan ajar berupa e-modul berbasis inquiry terbimbing terkonsolidasi nilai-nilai kepribadian pada materi sistem penyerapan manusia yang valid. Pengembangan e-modul ini mengunakan model 4-D, meliputi empat tahap yakni Define (menganalisis kebutuhan), Design (merancang produk e-modul), Develop (mengembangkan produk e-modul yang telah didesain), Desseminate (Penyebaran produk). Angket merupakan instrumen yang dipakai eksperimen ini dengan memakai dua angket validasi ahli yakni materi dan desain sebagai penilaian. Kedua angket respon peserta didik. E-modul di validasi ahli desain dan materi, kedua validator memberikan saran dan komentar untuk menyempurnakan e-modul. Produk yang sudah direvisi atas saran ahli desain mendapatkan skor rata-rata persentase 95% dan ahli materi mendapat skor rata-rata presentase 91%. Produk e-modul di uji cobakan di Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 2 Metro. Mendapat skor keseluruhan aspeknya memperoleh persentase 89%. Hasil dari validasi ahli dan respon siswa, menunjukan e-modul yang dikembangkan “Sangat Layak”. Sehingga dapat dipakai oleh siswa dan guru dalam proses belajar secara daring dan luring. eksperimen pengembangan ini memiliki keterbatasan yaitu dalam tahap penyebarannya dalam sekala kecil.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 022/Pend. Biologi/2022
Uncontrolled Keywords: e-modul, berbasis inquiry terbimbing, terintegrasi nilai karakter
Subjects: 500 Ilmu Murni > Biologi, Ilmu Hayati
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Khusnul Nisa A
Date Deposited: 15 Nov 2022 08:32
Last Modified: 15 Nov 2022 08:32
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1607

Actions (login required)

View Item View Item