ANALISIS KESALAHAN SISWA SMP NEGERI 1 BANDAR SRIBHAWONO DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) PADA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT BERDASARKAN TEORI NEWMAN

Bunganingrum, Titin Tri (2022) ANALISIS KESALAHAN SISWA SMP NEGERI 1 BANDAR SRIBHAWONO DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) PADA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT BERDASARKAN TEORI NEWMAN. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf

Download (80kB) | Preview
Official URL: https://eprints.ummetro.ac.id/

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan letak kesalahan siswa SMP Negeri 1 Bandar Sribhawono dalam menyelesaikan soal cerita matematika HOTS materi bangun datar segiempat berdasarkan teori Newman dan mendeskripsikan jenis dan indikator kesalahan yang dilakukan siswa SMP Negeri 1 Bandar Sribhawono dalam menyelesaikan soal cerita matematika HOTS materi bangun datar segiempat berdasarkan teori Newman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif studi kasus. Subjek penelitian adalah siswa SMP Negeri 1 Bandar Sribhawono kelas VIII.7 sebanyak 33 siswa. Instrumen penelitian berupa soal tes uraian sebanyak 5 butir soal yang telah divalidasi dengan hasil layak digunakan dan diujicobakan dengan jumlah responden 15 siswa kelas VIII.5 diperoleh tingkat kesukarannya masuk dalam kategori sukar-sedang dengan kirsaran nilai 0,00-0,06 dan reliabilitasnya masuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika HOTS (Higher Order Thinking Skills) pada materi bangun datar segiempat yang ditemukan terletak pada: (1) kesalahan dalam membaca soal; (2) kesalahan dalam memahami soal; (3) kesalahan dalam transformasi proses; (4) kesalahan dalam keterampilan; (5) kesalahan dalam menuliskan jawaban akhir.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 013/Pend. Matematika/2022
Uncontrolled Keywords: Analisis kesalahan, HOTS, Teori Newman
Subjects: 500 Ilmu Murni > Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Khusnul Nisa A
Date Deposited: 14 Nov 2022 07:34
Last Modified: 14 Nov 2022 07:34
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1581

Actions (login required)

View Item View Item