PENERAPAN LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA KARTIKATAMA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Riansyah, Redho Faizal (2021) PENERAPAN LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA KARTIKATAMA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11kB) | Preview
Official URL: https://eprints.ummetro.ac.id/

Abstract

Matematika dianggap sebagai mata pelajaran yang sangat sulit bagi sebagian besar peserta didik karena pelajaran matematika mempunyai banyak rumus dan bersifat menghitung, sehingga matematika merupakan mata pelajaran yang sangat ditakuti oleh Peserta didik. Hal ini tersebut mengakibatkan rendahnya minat peserta didik dalam mengikuti pelajaran matematika sehingga keinginan peserta didik dalam memperoleh hasil belajar pun juga rendah. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan minat belajar matematika menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E pada peserta didik kelas X SMA Kartikatama Metro Tahun Pelajaran 2019/2020, dan meningkatkan hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E pada peserta didik kelas X SMA Kartikatama Metro Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). rancangan penelitian menggunakan rancangan daur 4 langkah yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan Refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA 1 SMA Kartikatama Metro. Instrumen penelitian menggunakan Lembar angket dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan teknik perhitungan persentase yaitu skor minat belajar siswa dibagi dengan skor maksimal dikalikan dengan seratus persen. Berdasarkan hasil perhitungan analisis penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran learning cycle 5E dapat meningkatkan minat belajar matematika siswa kelas X IPA 1 SMA Kartikatama Metro. Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran learning cycle 5E dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas X IPA 1 SMA Kartikatama Metro. Peningkatan hasil belajar yang dicapai yakni 53% pada siklus I dan 83% pada siklus II.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 005/Pend. Matematika/2022
Uncontrolled Keywords: Learning Cycle 5e, minat belajar, hasil belajar
Subjects: 500 Ilmu Murni > Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Khusnul Nisa A
Date Deposited: 11 Nov 2022 03:48
Last Modified: 11 Nov 2022 03:48
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1538

Actions (login required)

View Item View Item