PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIKMIND MAPPING UNTUKMENINGKATKAN SELF REGULATED LEARNING DI SMA NEGERI 1 WAY BUNGUR TAHUN PELAJARAN 2021/2022

WULANDARI, RATIH AYU (2022) PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIKMIND MAPPING UNTUKMENINGKATKAN SELF REGULATED LEARNING DI SMA NEGERI 1 WAY BUNGUR TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf

Download (71kB) | Preview
Official URL: http://eprints.ummetro.ac.id

Abstract

Rumusan masalah penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan mind mapping untuk mengatasi self regulated learning. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil dari pelaksanaan layanan bimbingan kelompok terhadap masalah self regulated learning (SRL) dengan menggunakan teknik mind mapping. Self Regulated Learning (SRL) yaitu regulasi diri dalam belajar yang merupakan suatu usaha atau kemampuan yang menuntut peserta didik untuk belajar aktif dalam memonitoring atau mengatur dan mengarahkan pemahaman, motivasi dan perilaku minat dalam kegiatan belajar. Teknik mind mapping atau peta pikiran ini merupakan sebuah metode untuk mendorong peserta didik mengaktifkan sistem otak dengan menuangkan ide, teknik mind mapping akan mempermudahkan untuk meringkas dan menyimpulkan suatu materi dalam menelaah suatu materi pembelajaraan secara singkat dan jelas. Layanan bimbingan kelompok merupakan program guru bimbingan dan konseling untuk membantu peserta didik mengentaskan masalah dalam mengembangkan pemahaman. Teknik pada pengumpulan data dari penelitian ini yaitu teknik kualitatif deskriprif dengan melaksanakan wawancara dan observasi. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Kemampuan self regulated learning termasuk dalam kategori rendah seperti: minat belajar yang kurang, kesulitan dalam mendiagnosa kebutuhan untuk belajar, kurangnya manajemen waktu belajar yang baik (2) Tahap pelaksanaan layanan bimbingan kelompok menggunakan empat tahapan yaitu: tahap pembukaan, tahap peralihan, tahap kegiatan, dan tahap pengakhiran (3) Hasil dari pelaksanaan layanan bimbingan kelompok peserta didik mampu menciptakan lingkungan belajar yang baik dengan teman sejawat kemudian mampu mempersiapkan lingkungan yang siap belajar dengan baik dengan melaksanakan belajar kelompok.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 021/Bimbingan dan Konseling/2022
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Mind Mapping, Self Regulated Learning
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Bimbingan dan Konseling
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Bimbingan Konseling
Depositing User: Tri Kris Krisniati
Date Deposited: 10 Nov 2022 03:14
Last Modified: 10 Nov 2022 03:14
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1496

Actions (login required)

View Item View Item