PENGARUH BUDAYA KERJA DAN SUPERVISI AKADEMIK TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SMK SE KECAMATAN SEPUTIH MATARAM KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

Rahmawati, Rahmawati (2022) PENGARUH BUDAYA KERJA DAN SUPERVISI AKADEMIK TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SMK SE KECAMATAN SEPUTIH MATARAM KABUPATEN LAMPUNG TENGAH. Tesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB III.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (81kB) | Preview
Official URL: https://eprints.ummetro.ac.id/

Abstract

Guru adalah penentu dalam pendidikan. Penerapan kompetensi pedagogik sangat penting karena seorang guru diharapkan mampu dengan materi pembelajaran. Kompetensi guru perlu dievaluasi dan dibimbing, sehingga dapat dilihat dan diukur tingkat keberhasilannya untuk meningkatkan kualitas dan mutu Pendidikan. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mendeskripsikan kekuatan pengaruh budaya kerja terhadap kompetensi pedagogik, (2) Untuk mendeskripsikan kekuatan pengaruh supervisi akademik terhadap kompetensi pedagogik, dan (3) Untuk mendeskripsikan kekuatan pengaruh budaya kerja dan supervisi akademik secara bersama-sama terhadap kompetensi pedagogik. Populasi 104 dan sampel 51 responden dengan menggunakan rumus Slovin. Pengambilan data menggunakan angket dan regresi menjadi alat penelitian. Hasilnya adalah (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan budaya kerja terhadap kompetensi pedagogik guru SMK se-Kecamatan Seputih Mataram Kabupaten Lampung Tengah, sebesar 62,2% dengan persamaan regresi Ŷ = 23,165 + 0,321X1. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan supervisi akademik terhadap kompetensi pedagogik guru SMK se-Kecamatan Seputih Mataram Kabupaten Lampung Tengah, sebesar 79,7% dengan persamaan regresi Ŷ = 3,074 + 0,749X2. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan budaya kerja dan supervisi akademik secara bersama-sama terhadap kompetensi pedagogik guru SMK se-Kecamatan Seputih Mataram Kabupaten Lampung Tengah sebesar 83,3% dengan persamaan regresi Ŷ = 3,584 + 0,115X1 + 0,573X2. Dengan demikian hasil penelitian ini menjelaskan budaya kerja dan supervisi akademik berpengaruh positif terhadap kompetensi pedagogik. Peneliti menyimpulkan budaya kerja dan supervisi akademik dapat meningkatkan kompetensi pedagogik, sehingga jika dilaksanakan dengan maksimal maka kompetensi pedagogik akan semakin meningkat.

Item Type: Thesis (Tesis (S2))
Additional Information: 010/Pasca Manajemen Pendidikan/2022
Uncontrolled Keywords: budaya kerja, supervisi akademik, dan kompetensi pedagogik
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Manajemen Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Khusnul Nisa A
Date Deposited: 10 Nov 2022 01:39
Last Modified: 10 Nov 2022 01:39
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1483

Actions (login required)

View Item View Item