PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 PEKALONGAN

MARSELA, DELA (2022) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 PEKALONGAN. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf

Download (5kB) | Preview
Official URL: http://eprints.ummetro.ac.id

Abstract

Motivasi merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi belajar, akan tetapi kuat dan lemahnya motivasi seseorang berbeda hal itu dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti cita-cita, kondisi siswa, kondisi lingkungan, dan upaya guru dalam menggunakan metode atau media dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui penggunaan media pembelajaran berbasis google classroom pada mata pelajaran ekonomi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan II siklus setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan, pada setiap siklus dilakukan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/ observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi dan lembar kuesioner sementara yang dijadikan subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS yang berjumah 15 orang siswa terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Indikator keberhasilan dalam penelitian tindakan kelas ini dikatakan berhasil apabila dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada saat pembelajaran menggunakan media google classroom di akhir siklus mencapai minimal 80% dalam kategori (motivasi tinggi ) peserta didik yang termotivasi mengikuti proses pembelajaran. Pada lembar observasi siklus I memperoleh 61,03% (sedang )siklus II meningat 85,51% (tinggi). Pada lembar kuesioner siklus I memperoleh 76,02% (sedang) siklus II meningkat 89,73% (tinggi).Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti di ketahui bahwa penggunaan media pembelajaran elearning berbasis google classroom dapat meningkatkan motivasi belajar siwa. Dari data yang di peroleh pada lembar kuesioner siklus I dan siklus II dengan kriteria motivasi sedang meningkat menjadi kriteria motivasi tinggi yang berarti sudah mencapai target akhir (80%) jika motivasi belajar siswa telah memenuhi indikator keberhasilan maka siklus dapat di berhentikan.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 008/S1 Pendidikan Ekonomi/2022
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Media Pembelajaran, google classroom.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Tri Kris Krisniati
Date Deposited: 07 Nov 2022 07:35
Last Modified: 07 Nov 2022 07:35
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1423

Actions (login required)

View Item View Item