PENGARUH METODE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU KELAS VII DI SMP NEGERI 5 METRO

KURNIA, ANNISA ISNAINI (2022) PENGARUH METODE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU KELAS VII DI SMP NEGERI 5 METRO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://eprints.ummetro.ac.id

Abstract

Pada hakikatnya hasil belajar adalah perubahan tingkah laku yang diharapkan pada diri siswa setelah mengalami proses belajar mengajar. Namun dilihat selama ini masih banyaknya siswa yang belum memahami materi atau belum tuntas pada mata pelajaran IPS terpadu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar IPS Terpadu kelas VII di SMP Negeri 5 Metro jenis penelitian ini adalah penelitian eksperiment yang dilaksanakan 3 kali pertemuan, tahapan yang dilakukan yaitu tahap awal penelitian dan perlakuan (treatment). Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 25 siswa dan kelas VII 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 25 siswa. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti diketahui bahwa menggunakan metode Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Maka hasil perhitungan registrasi linear sederhana dengan rumus a = 79,54 lalu b = dengan demikian ̂ adalah ̂ . Hal tersebut terbukti dengan perhitungan analisis data yang dapat diketahui nilai thitung < ttabel dan terlihat dari taraf signifikan 5% yakni -0,123 < 1.714 yang bisa dilihat dari daftar G tabel . Dilihat dari analisis yang sudah dilakukan maka hipotesisnya ditola. Dengan Demikian H0 ditolak dan HI diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 16/2022/Pendidikan Ekonomi
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Medote Student Team Achievement Division (STAD)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: intan arum sari
Date Deposited: 10 Nov 2022 02:56
Last Modified: 10 Nov 2022 02:56
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1406

Actions (login required)

View Item View Item