PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU UNO PADA MATERI PENDAPATAN NASIONAL KELAS XI DI SMA NEGERI 1 PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022

KURNIAWAN, RIZKI (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU UNO PADA MATERI PENDAPATAN NASIONAL KELAS XI DI SMA NEGERI 1 PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf

Download (209kB) | Preview
Official URL: http://eprints.ummetro.ac.id

Abstract

Media pembelajaran dapat dipahami sebagai segala sesuatu yang dapat menyampaikan atau menyalurkan pesan dari suatu sumber secara terencana dan tepat guna, sehingga tercipta lingkungan yang kondusif dimana penerimanya dapat melakukan kegiatan belajar secara efektif dan efisien. Hasil wawancara pra survei di SMA Negeri 1 Pekalongan, dapat disimpulkan terdapat masalah pada saat perubahan dari pembelajaran yang dilakukan daring ke luring, media pembelajaran yang digunakan pada saat daring dan luring terkesan kurang variatif sehingga peserta didik mudah bosan dan sulit memahami dari materi yang disampaikan. Dari masalah tersebut peneliti menginovasi mengembangkan media pembelajaran dengan kartu UNO. Tujuan dari pengembangan produk ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran pembelajaran kartu UNO pada materi pendapatan nasional yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau sering disebut Research and Development (R&D). Model yang digunakan adalah pengembangan model 4-D. Model pengembangan 4-D terdiri atas 4 tahap utama yaitu: Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran). Hasil penilaian validasi ahli dan respon peserta didik terhadap media pembelajaran kartu UNO menunjukkan bahwa pada validasi ahli memperoleh persentase sebesar 90,7% dengan ktiteria “sangat layak”. Pada validasi ahli materi memperoleh persentase sebesar 93% dengan ktiteria “sangat layak”. Pada respon peserta didik memperoleh persentase sebesar 94% dengan kriteria “sangat baik”. Berdasarkan rekapitulasi tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran kartu UNO pada materi pendapatan nasional kelas XI di SMA Negeri 1 Pekalongan tahun ajaran 2021/2022 sangat layak dan praktis dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 017/S1 Pendidikan Ekonomi/2022
Uncontrolled Keywords: Kartu UNO, Media Pembelajaran, Pendapatan Nasional
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Tri Kris Krisniati
Date Deposited: 07 Nov 2022 04:06
Last Modified: 07 Nov 2022 04:06
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1404

Actions (login required)

View Item View Item