IMPLEMENTASI MANAJEMEN ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH SEBAGAI STRATEGI DALAM PENGEMBANGAN KEPEMIMPINAN SISWA SMA NEGERI 9 BANDAR LAMPUNG

putri andini, rika (2021) IMPLEMENTASI MANAJEMEN ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH SEBAGAI STRATEGI DALAM PENGEMBANGAN KEPEMIMPINAN SISWA SMA NEGERI 9 BANDAR LAMPUNG. Tesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10kB) | Preview
Official URL: https://eprints.ummetro.ac.id

Abstract

Implementasi manajemen OSIS pada hakikatnya semua kegiatan dalam organisasi siswa yang diarahkan untuk membina watak, kedisiplinan, kecerdasan keterampilan, kekreatifitasan, dan kecakapan peserta didik. Kegiatan OSIS ini untuk melatih dan memeksimalkan semua kreativitas yang ada dalam diri siswa sehingga mampu memimpin diri dan teman sekitarnya dengan aktifitas yang lebih kreatif, inovatif, dan edukatif serta penuh rasa tanggung jawab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitiannya adalah wakil kepela sekolah bidang kesiswaan, dewan guru, Pembina OSIS, pengurus OSIS dan siswa di SMA Negeri 9 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian sampel karena meneliti sebagian subjek yang ada di SMA Negeri 9 Bandar Lampung. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, metode observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) implementasi perencanaan OSIS SMA Negeri 9 Bandar Lampung, sekolah telah membuat perencanaan sistem kerja OSIS agar kegiatan-kegiaatan bias di laksanakan maksimal, (2) implementasi pengorganisasian kegiatan, dalam pengorganisasian dalam benrtuk kegiatan OSIS berupaya semaksimal mungkin mengusahakan siswa agar tumbuh tumbuh dan berkembang seta memiliki daya tangkal pada diri siswa, (3) implementasi pelaksanaan, dilaksanakan dengan berbagai macam program diantaranya adalah Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS), Orentasi Gabungan (ORGAB), Raker, event Smalan, euphoria, dan pengolahan AD/ART OSIS sebagai upaya dalam melaksanakan pembinaan sikap kepemimpinan siswa, Khususnya para pengurus OSIS. (4) implementasi evaluasi kegiatan OSIS, kegiatan yang menarik, melaksanakan tugas dari masing-masing tim atau pembimbingan agar proses pelaksanaan atau bimbingan tetap berlangsung pada satuan pendidikan melaksanakan kegiatan lebih baik dalam peningkatan kreatiitas siswa maupun proses kepemimpina siswa, (5) faktor mempengaruhi implementasi manajemen OSIS, OSIS sebagai satu-satunya organisasi bagi siswa untuk dapat melengkapi dan meningkatkan pengetahuan siswa tentang sikap kepemimpinan melalui pembelajaran dan pelatihan, kepribadian gaya kepemimpinan yang berorentasi, karakteristik, kebutuhan tugas menyukai pengarahan yang lebih berorentasi.

Item Type: Thesis (Tesis (S2))
Additional Information: 006/PASCA MANAJEMEN PENDIDIKAN/2021
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Manajemen OSIS, Kepemimpinan Siswa
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Manajemen Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Administrasi Pendidikan
Depositing User: M Derie Santana
Date Deposited: 21 Mar 2022 07:49
Last Modified: 21 Mar 2022 07:49
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1262

Actions (login required)

View Item View Item