stiono, tri (2021) PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK DAN DISIPLIN GURU TERHADAP KINERJA GURU SMK NEGERI SEKABUPATEN LAMPUNG TIMUR. Tesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.
|
Text
COVER.pdf Download (648kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (284kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (497kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (207kB) | Preview |
Abstract
Kinerja guru merupakan hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seorang guru, peningkatan produktivitas guru dipengaruhi oleh faktor-faktor supervisi akademik dan kompetensi profesional. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: (1) Pengaruh supervisi akademik terhadap kinerja guru, (2) Pengaruh disiplin guru terhadap kinerja guru, dan (3) Pengaruh supervisi akademik dan disiplin guru secara bersama-sama terhadap kinerja guru. Populasi sebanyak 373 dengan sampel yang digunakan sebanyak 79 responden yang diambil mengunakan rumus Slovin. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan kuisioner dan sebagai alat bantu olah data penelitian digunakan aplikasi Statistical Program for the Social Sciences (SPSS). Hasil analisis regresi yang diperoleh dalam penelitian ini baik secara parsial maupun simultan pada taraf sinifikansi 5%, sebagai berikut: (1) Terdapat pengaruh positif supervisi akademik terhadap kinerja guru SMK Negeri se-kabupaten lampung Timur. Hal ini dapat diterangkan oleh persamaan regresi Ŷ.=57,997+0,424X1.. Dari hasil penelitian tersebut diketahui pengaruh supervisi akademik terhadap kinerja guru sebesar 19,2%, (2) Terdapat pengaruh positif disiplin guru terhadap kinerja guru SMK Negeri se-kabupaten lampung Timur. Hal ini dapat diterangkan oleh persamaan regresi Ŷ.=59,594+0,362X2. Dari hasil penelitian tersebut diketahui pengaruh disiplin guru terhadap kinerja guru sebesar 14,0%, dan (3) Terdapat pengaruh positif supervisi akademik dan disiplin guru secara bersamasama terhadap kinerja guru SMK Negeri se-kabupaten lampung Timur. Hal ini dapat diterangkan oleh persamaan regresi Ŷ.=4 4 , 1 8 4 +0,332X1 + 0,228X2 . Dari hasil penelitian tersebut diketahui pengaruh supervisi akademik dan disiplin guru secara bersama-sama terhadap kinerja guru sebesar 23,9%. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa semakin baik supervisi akademik dan disiplin guru maka akan semakin baik pula kontribusi terhadap kinerja guru. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah Supervisi akademik dan disiplin guru baik secara parsial maupun simultan berpengaruh positif terhadap kinerja guru SMK Negeri se-Kabupaten Lampung Timur.
Item Type: | Thesis (Tesis (S2)) |
---|---|
Additional Information: | 039/PASCA MANAJEMEN PENDIDIKAN/2021 |
Uncontrolled Keywords: | supervisi Akademik, Disiplin Guru, Kinerja Guru |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > Manajemen Pendidikan |
Divisions: | Pascasarjana > S2 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | M Derie Santana |
Date Deposited: | 15 Mar 2022 06:24 |
Last Modified: | 15 Mar 2022 06:24 |
URI: | http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1215 |
Actions (login required)
View Item |