PENGARUH KECERDASAN INTERPERSONAL GURU DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS V SDIT AL MUHSIN METRO TAHUN PELAJARAN 2020/2021

hamdani, hamdani (2021) PENGARUH KECERDASAN INTERPERSONAL GURU DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS V SDIT AL MUHSIN METRO TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (155kB) | Preview
Official URL: https://eprints.ummetro.ac.id

Abstract

Belajar merupakan suatu proses yang kompleks yang terjadi pada semua orang dan berlangsung seumur hidup, sejak masih bayi hingga ke liang lahat nanti. Salah satu pertanda bahwa seorang telah belajar sesuatu adalah adanya perubahan tingkah laku dalam dirinya. Maka dari itu penulis ajukan adalah adakah pengaruh kecerdasan interpersonal guru terhadap aktivitas belajar siswa Kelas V SDIT Al Muhsin Metro TP. 2020/2021? Adapun Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecerdasan interpersonal dan aktivitas belajar siswa Kelas V SDIT Al Muhsin Metro TP. 2020/2021 sekaligus untuk mengetahui pengaruh antara keduanya. Jenis penelitian yang digunakan berdasarkan judul yaitu jenis kuantitatif, yang menurut Sugiyono “Penelitian Kuantitaatif merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variable atau lebih”. Dengan hubungan kausal yang artinya yaitu hubungan yang bersifat sebab akibat. Jadi disini ada variabel independen (yang mempengaruhi) dan dependen (yang dipengaruhi). Sifat penelitian adalah penelitian lapangan (file research) yaitu penelitian lapangan yang mengacu pada hasil penelitian dilapangan (tempat lokasi penelitian dilakukan). Dalam membuktikan kebenaran dari permasalahan tersebut sudah barang tentu harus dengan alat pengumpul data yang tepat dan akurat sesuai dengan sasaran dalam hal ini penulis menggunakan alat pengumpul data: angket, interview, dokumentasi dan observasi. Sedangkan untuk menganalisa data yang telah terkumpul penulis menggunakan analisa Chi Kuadrat. Dan dari perhitungan mendapatkan hasil diperoleh hasil x hitung sebesar 1,551, yang kemudian setelah dikonsultasikan dengan X tabel dengan db = 6 baik pada taraf 1% (12,017) maupun pada taraf sig. 5% (16,812) ternyata nilai X hitung lebih kecil dari X tabelnya. Sehingga pada penelitian ini hipotesis alternatif (Ha) ditolak dan Ho diterima namun dengan tingkat hubungan rendah. Sehingga kecerdasan interpersonal siswa tidak berpengaruh terhadap aktivitas belajar siswa Kelas V SDIT Al Muhsin Metro TP. 2020/2021.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 037/FAI/2021
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan, Interpersonal, Aktifitas belajar
Subjects: 200 Agama > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M Derie Santana
Date Deposited: 11 Mar 2022 02:50
Last Modified: 11 Mar 2022 02:50
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1212

Actions (login required)

View Item View Item