OKTARISIA, YOLANDA (2021) FAKTOR PENGHAMBAT PERKEMBANGAN INTELEGENSI KOGNITIF ANAK USIA DINI DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Pkk Bumi Nabung Udik Kecamatan Sukadana Kabupaten Lampung Timur). Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.
|
Text
COVER.pdf Download (591kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (927kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (279kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (222kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (222kB) | Preview |
Abstract
Kegiatan belajar mengajar (KBM) akanmaksimal apabila materi ajar yang disampaikandapat dipahami oleh anak.Dengan demikian, pemahamantentang perkembangan kognitif anak usia dasarbukan suatu pemahaman yang dapat dianggapremeh, melainkan pemahaman yang sangatpenting terhadapkeberhasilan suatu prosesKBM khususnya pencapaian pada kompetensikognitif anak.Sebagai akibat penyebaran wabah Covid-19 diseluruh dunia, termasuk Indonesia,Dunia pendidikan dari semua jenjang pendidikan termasuk TK PKK Bumi Nabung Udik Kecamatan Sukadana Lampung Timurmengharuskan melakukan Pembelajaran di rumah dengan sistem daring, sehingga menimbulkan masalah baru dalam bidang pendidikan.Berdasarkan hasil observasi di TK PKK Bumi Nabung Udik Kecamatan Sukadana Lampung Timur, dalam hal ini di ketahui bahwa banyak wali murid mengeluh akan proses belajar mengajar yang harus berlangsung dirumah dengan alasan kurang kondusif dan efisien bagi perkembangan pengetahuan anak mereka. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Upaya Pengembangan Intelegensi Kognitif Anak Usia Dini selama Pandemic Covid-19 di Taman Kanak-Kanak Pkk Bumi Nabung Udik? Bagaimana Kondisi Intelegensi Kognitif Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Pkk Bumi Nabung Udik?.Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif lapangan (field research)dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalahteknik observasi, wawancara serta dokumentasi untuk memperkuat dan mempertegas hasil penelitian. Berdasarkan hasil Penelitian dapat di peroleh FaktorPenghambat Perkembangan Intelegensi Kognitif Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19 di TK PKK Bumi Nabung Udik, yaitu sebagai berikut pertama, Faktor lingkungan. Selama belajar dirumah melalui pembelajaran daring anak tidak terbiasa, Guru dalam mengontrol anak didik jarak jauh adalah sebuah keterbatasan, ditambah dengan adanya anak yang jarang dibimbing oleh orang tua dan juga kurangnya pemahaman orang tua terhadap perkembangan anak, sehingga proses pembelajaran sebagian besar tidak terlaksana secara maksimal. Kedua, Selama masa pembelajaran daring ini mengharuskan anak untuk mempunyai handphone, alih-alih belajar malah sang anak bermain game online, sehingga fokus anak kebanyakan untuk bermain handphone. Sehingga pelajaran yang sebelumnya dipelajari terlupakan.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Additional Information: | 008/FAI/2021 |
Uncontrolled Keywords: | Penghambat Perkembangan, Intelegensi Kognitif, AUD |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > Pendidikan Anak Usia Dini |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | M Derie Santana |
Date Deposited: | 02 Feb 2022 06:35 |
Last Modified: | 02 Feb 2022 06:35 |
URI: | http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1056 |
Actions (login required)
View Item |