PELAKSANAAN KEGIATAN NEED ASSESMENT BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMA NEGERI 4 METRO TAHUN PELAJARAN 2020/2021

TYAS, FILDAYANA AYUNING (2021) PELAKSANAAN KEGIATAN NEED ASSESMENT BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMA NEGERI 4 METRO TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (703kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (69kB) | Preview
Official URL: http://eprints.ummetro.ac.id/

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada pelaksanaan need assesmen di SMA Negeri 4 Metro. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kegiatan Need Assesmen yang dilakukan oleh guru Bimbingan dan Konseling, instrumen yang dipakai oleh guru Bimbingan dan Konseling dalam melakukan Need Assesmen dan hasil Need Assesmen yang dilakukan oleh guru Bimbingan dan Konseling di SMA Negeri 4 Metro. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang menghasilkan data berupa keterangan atau informasi seputar pelaksanaan need assesmen di SMA Negeri 4 Metro. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru Bimbingan dan Konseling yang berjumlah 3 orang. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi dan observasi untuk mengetahui pelaksanaan assesment, alat yang digunakan dalam assesment, dan hasil asssesmen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pelaksanaan need asssement yang dilakukan di SMA Negeri 4 Metro yakni dilaksanakan secara luring maupun daring. Assesment dilakukan dengan mengikuti prosedur assesment dimulai dari mengidentifikasi masalah, menguji kelayakan, kerjasama dengan pihak yang dapat memberikan data, dan menganalisis kebutuhan. Instrumen assesment yang digunakan oleh guru bImbingan dan konseling berupa angket dan AUM-U format 2. Dalam AUM terdapat 50 item pernyataan yang diisi oleh peserta didik mengenai permasalahan ataupun potensi yang dapat dikembangkan oleh guru bimbingan dan konseling. Hasil Assesment yang dihasilkan dari proses analisis kebutuhan peserta didik berupa pemetaan pprogram layanan yang sesuai dengan AUM-U.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Creators:
CreatorsNIM/NPMEmail
TYAS, FILDAYANA AYUNINGnim17130011UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorNoor, Marzukinidn0003055710UNSPECIFIED
Thesis advisorWibowo, Satrio Budinidn0218028101UNSPECIFIED
Thesis advisorWibowo, Agusnidn0222118203UNSPECIFIED
Additional Information: 042/Bimbingan Konseling/2021
Uncontrolled Keywords: Bimbingan dan Konseling, Need Assesmen
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Dharma Eko Prasetyawan
Date Deposited: 28 Jan 2022 02:54
Last Modified: 28 Jan 2022 02:54
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1020

Actions (login required)

View Item View Item