PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBANTU MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 7 METRO TAHUN PELAJAN 2020/2021

Samsudin, Samsudin (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBANTU MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 7 METRO TAHUN PELAJAN 2020/2021. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf

Download (88kB) | Preview
Official URL: http://eprints.ummetro.ac.id/

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Berbantu Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Ips Terpadu Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 7 Metro. Jenis Penelitian ini adalah Quasi Exsperiment, dengan rancangan penelitian Posttest-Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 7 Metro Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrument dalam penelitian ini adalah soal tes pilihan ganda a,b,c,d yang terdiri dari 30 butir soal pilihan ganda materi interaksi sosial. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) Model pembelajaran problem solving berbantu media gambar lebih berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 7 Metro dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional, 2) Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan ratarata hasil belajar kelas kontrol. Hal tersebut dapat dilihat dari rata-rata nilai kelas eksperimen yaitu 78,9 dan rata-rata nilai kelas kontrol 69,5. Berdasarkan rumusan masalah pada penelitian ini maka hasil analisis data menggunakan uji hipotesis yaitu uji-t dua pihak pada SPSS dengan taraf signifikan menunjukkan . artinya ada perbedaan antara rata-rata hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Problem Solving berbantu media gambar dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Kemudian berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji-t satu pihak diperoleh hasil artinya rata-rata hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Problem Solving berbantu media gambar lebih tinggi daripada yang menggunakan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 012/Pend.Ekonomi/2021
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Media Gambar, problem solving
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Librarian
Date Deposited: 25 Jan 2022 03:08
Last Modified: 25 Jan 2022 03:08
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/946

Actions (login required)

View Item View Item