PENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA MENGGUNAKAN APLIKASI SIGIL PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP NEGERI 7 METRO

Mufida, Ika Royatul (2021) PENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA MENGGUNAKAN APLIKASI SIGIL PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP NEGERI 7 METRO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (691kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (284kB) | Preview
Official URL: http://eprints.ummetro.ac.id

Abstract

ABSTRAK Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) mengetahui proses pengembangan e-modul matematika menggunakan aplikasi sigil pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP Negeri 7 Metro, (2) mengetahui kevalidan dan kepraktisan e-modul matematika menggunakan aplikasi sigil pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP Negeri 7 Metro. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 7 Metro. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research Development) dengan model pengembangan Plomp (fase infestigasi awal (preliminary investigation), fase desain (design), fase realisasi/kontruksi (realization/contruction) dan fase tes, evaluasi dan revisi (test, evaluation and revision) dan implementasi (implementation)). Jenis data dalam penelitian ini berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Instrumen pengumpulan data terdiri dari angket validasi oleh ahli dan angket kepraktisan produk oleh peserta didik. Hasil penelitian pengembangan ini adalah (1) proses pengembangan pada fase investigasi awal (preliminary investigation) diketahui kebutuhan peserta didik dalam belajar berupa e-modul matematika, fase desain (design) diperoleh rancangan e-modul matematika dan instrumen penilaian untuk digunakan dalam pengembangan e-modul, fase realisasi/konstruksi (realization/contruction) diperoleh hasil berupa e-modul matematika dan instrument penilai, fase tes, evaluasi dan revisi (test, evaluation and revision) didapat e-modul yang valid dan praktis. (2) e-modul matematika telah dinyatakan sangat valid dengan rata-rata persentase 86,35%, sedangkan untuk hasil uji coba kepraktisan e-modul matematika dinyatakan sangat praktis dengan rata-rata persentase 87,4%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa e-modul matematika menggunakan aplikasi sigil pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP Negeri 7 Metro telah dinyatakan valid dan praktis. Kata kunci: bangun ruang sisi datar; e-modul, learning obstacle; sigil; pengembangan.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 001/Pend. Matematika/2021
Uncontrolled Keywords: Bangun Ruang Sisi Datar; E-modul, Learning Obstacle; Sigil; Pengembangan
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Pendidikan
500 Ilmu Murni > Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Feri Apriyanto
Date Deposited: 12 Aug 2021 03:37
Last Modified: 12 Aug 2021 03:37
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/642

Actions (login required)

View Item View Item