PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERUPA MODUL BERBASIS STS (SCIENCE TECHNOLOGY AND SOCIETY) PADA MATERI SISTEM GERAK MELALUI PENGINTEGRASIAN NILAI-NILAI SPIRITUAL KEISLAMAN DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS XI

kurniawati, lia (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERUPA MODUL BERBASIS STS (SCIENCE TECHNOLOGY AND SOCIETY) PADA MATERI SISTEM GERAK MELALUI PENGINTEGRASIAN NILAI-NILAI SPIRITUAL KEISLAMAN DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS XI. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB) | Preview
Official URL: https://eprints.ummetro.ac.id

Abstract

Proses pembelajaran yang berkualitas, selain mengajarkan pada aspek pengetahuan juga perlu adanya penanaman nilai-nilai moral atau nilai-nilai Islam didalamnya. Integrasi nilai-nilai Islam sangat penting untuk diajarkan kepada peserta didik pada sebuah mata pelajaran agar peserta didik mampu menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran berupa modul berbasis STS (Science Technology and Society) yang didalamnya terintegrasi nilai-nilai Islam. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, pengembangan yang dimaksud dalam penelitian ini adalah pengembangan media pembelajaran modul berbasis STS. Media yang dikembangkan berupa media pembelajaran modul berbasis STS pada mata pelajaran biologi sub pokok bahasan sistem gerak. Pengembangan media pembelajaran modul ini mengadopsi pada metode 4D (Define, Design, Develop, Desseminate). Dalam penelitian ini, dilakukan pengembangan media mengikuti langkah-langkah atau prosedur pengembangan 4D. Instrumen validasi dalam penelitian ini menggunakan angket dengan pedoman skor menggunakan skala likert 1-5. Berdasarkan uji validitas produk diperoleh bahwa modul yang telah dikembangkan dalam penelitan ini secara materi telah layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan persentase kelayakan sebesar 79% dan pada aspek desain telah dinyatakan sangat layak digunakan dengan persentase kelayakan sebesar 98,3%. Hasil uji coba produk kepada peserta didik menunjukkan bahwa modul berbasis STS (Sains, Technology, and society) pada materi sistem gerak dapat membantu peserta didik memahami materi dengan persentase kemudahan sebesar 87%. Hasil penilaian guru terhadap modul berbasis STS (Sains, Technology, and society) pada materi sistem gerak bahwa modul ini layak digunakan dengan persentase sebesar 85%.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 003/Pend. Biologi/2021
Uncontrolled Keywords: modul, berbasis STS (Science Technology And Society), Nilai Keislaman
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Pendidikan
500 Ilmu Murni > Biologi, Ilmu Hayati
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: M Derie Santana
Date Deposited: 31 Mar 2022 02:07
Last Modified: 31 Mar 2022 02:07
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1328

Actions (login required)

View Item View Item