STRATEGI KOMUNIKASI PENGURUS MASJID DALAM UPAYA MEMAKMURKAN MASJID (STUDI KASUS PADA MASJID AL-ISRO DESA KARANG REJO KECAMATAN METRO UTARA)

umar khasan, taufik (2021) STRATEGI KOMUNIKASI PENGURUS MASJID DALAM UPAYA MEMAKMURKAN MASJID (STUDI KASUS PADA MASJID AL-ISRO DESA KARANG REJO KECAMATAN METRO UTARA). Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (106kB) | Preview
Official URL: https://eprints.ummetro.ac.id

Abstract

Komunikasi dalam kehidupan sangat penting untuk menjalin hubungan dengan orang lain. Kurangnya komunikasi dapat menyebabkan keterlambatan informasi dari satu orang ke orang lain dan dapat menimbulkan kesalah pahaman. Oleh sebab itu, dibutuhkan strategi komunikasi yang baik dalam memberikan informasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi yang dilakukan pengurus masjid dalam upaya memakmurkan Masjid Al-Isro Desa Karang Rejo Kecamatan Metro Utara. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Peneliti bertindak sebagai pengumpul data penelitian. Data dalam penelitian diperoleh melalui metode wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di masjid Al-Isro desa Karang Rejo Metro Utara dapat disimpulkan bahwa Upaya yang dilakukan oleh pengurus masjid dalam memakmurkan masjid Al-Isro adalah dengan mengadakan berbagai kegiatan. Kegiatan-kegiatan yang diprogramkan seperti peribadahan (Sholat lima waktu), pengajian rutin, TPA, Kegiatan di bulan Ramadhan, Peringatan Hari besar Islam, dan pengurusan zakat dan infak. Untuk menyampaikan informas kegiatan yang dilakukan maka pengurus masjid memiliki strategi komunikasi yang terdiri dari mengenali sasaran komunikasi yang terdiri dari masyarakat dari usia anak-anak hingga dewasa dimana sasaran ini di sesuaikan dengan jenis kegiatan masing-masing, pemilihan media meliputi media yang digunakan adalah papan pengumuman, surat undangan, pengumuman langsung dan HP. Mengkaji tujuan komunikasi sehingga masyarakat dapat menerima informasi dengan tepat, dan memilih komunikator atau penyampai pesan yang memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 034/PAI/2021
Uncontrolled Keywords: Strategi, Komunikasi, Memakmurkan Masiji, Pengurus Masjid
Subjects: 200 Agama > Komunikasi Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: M Derie Santana
Date Deposited: 29 Mar 2022 01:58
Last Modified: 29 Mar 2022 01:58
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1317

Actions (login required)

View Item View Item