PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA MATERI EKOSISTEM SMA NEGERI 1 PUNGGUR

arisanti, fika (2020) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA MATERI EKOSISTEM SMA NEGERI 1 PUNGGUR. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (11MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (11MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (71kB) | Preview
Official URL: https://eprints.ummetro.ac.id

Abstract

Pendidikan merupakan aspek utama dalam pengembangan diri manusia dan sebagai jembatan untuk meningkatkan pengetahuan pada diri peserta didik. Modul merupakan bahan ajar yang berkenaan dengan suatu unit materi pembelajaran yang dapat membantu dan memudahkan peserta didik ketika proses pembelajaran. Metode pembelajaran berbasis CTL (Contextual Learning and Teaching) dapat dikatakan sebagai sebuah pendekatan pembelajaran yang mengakui dan menunjukkan kondisi alamiah pengetahuan. Melalui hubungan di dalam dan di luar ruang kelas, suatu pendekatan pembelajaran berbasis CTL (Contextual Learning and Teaching) menjadikan pengalaman lebih relevan dan berarti bagi peserta didik dalam membangun pengetahuan yang akan mereka terapkan dalam pembelajaran kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian pengembangan yaitu menghasilkan modul berbasis CTL (Contextual Learning and Teaching) sebagai salah satu media pembelajaran yang lebih efisien dan praktis. Buku saku digital biologi berbasis teknik mind mapping memudahkan peserta didik untuk belajar secara mandiri, kapan dan dimana saja, serta memudahkan guru dalam pembuatan bahan ajar yang lebih efisien dan praktis. Model pengembangan yang digunakan yaitu model 4D yang terdiri dari empat tahapan pengembangan, yaitu define, design, develop, dan disseminate atau diadaptasi akan menjadi model 4-P yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Penelitian ini untuk mengetahui kelayakan produk yang dikembangkan, dengan cara validasi kepada beberapa ahli untuk mengukur tingkat kelayakan produk yang dikembangkan. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data kualitatif yang diperoleh berdasarkan komentar validasi ahli. Data kuantitatif diperoleh berdasarkan skor angket yang diberikan validasi ahli. Data rekapitulasi validasi ahli materi yaitu 81,6% dalam kriteria “Sangat Layak”. Validasi ahli desain yaitu 82% dalam kriteria “Sangat Layak”. Uji kelompok kecil yaitu 87% dalam kriteria “Sangat Layak”. Berdasarkan hasil pengembangan modul berbasis berbasis CTL (Contextual Learning and Teaching) pada materi ekosistem SMA Negeri 1 Punggur dapat disimpulkan bahwa modul berbasis berbasis CTL (Contextual Learning and Teaching) yang dikembangkan dikategorikan dalam tingkat “Layak” untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Creators:
CreatorsNIM/NPMEmail
arisanti, fikanim13320019UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorsujarwanta, agusnidn0005106311UNSPECIFIED
Thesis advisorlepiyanto, agilnidn0212028502UNSPECIFIED
Thesis advisormuhfahroyin, muhfahroyinnidn0023057203UNSPECIFIED
Additional Information: 062/Pend. Biologi/2020
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Modul, CTL (Contextual Teaching and Learning)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Pendidikan
500 Ilmu Murni > Biologi, Ilmu Hayati
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: M Derie Santana
Date Deposited: 23 Mar 2022 07:40
Last Modified: 23 Mar 2022 07:55
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1284

Actions (login required)

View Item View Item