PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP KINERJA GURU SMK MUHAMMADIYAH DI KOTA METRO LAMPUNG

paryadi, paryadi (2021) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP KINERJA GURU SMK MUHAMMADIYAH DI KOTA METRO LAMPUNG. Tesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (44kB) | Preview
Official URL: https://eprints.ummetro.ac.id

Abstract

Guru sebagai tenaga professional memiliki tugas mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada jalur pendidikan formal. Kinerja guru menentukan keberhasilan peserta didik dalam menuntut ilmu dan dipengaruhi oleh banyak faktor yang mempengaruhi kinerja guru. Tujuan penelitian untuk mengetahui 1. Seberapa besar Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMK Muhammadiyah di Kota Metro Lampung. 2. Seberapa besar Pengaruh komunikasi interpersonal terhadap kinerja guru di SMK Muhammadiyah di Kota Metro Lampung. 3. Seberapa besar Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan komunikasi interpersonal terhadap kinerja guru di SMK Muhammadiyah di Kota Metro Lampung. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan teknik korelasional dengan tujuan mengetahui pengaruh ataupun hubungan antara dua variabel atau lebih. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Sebelum digunakan instrumen terlebih dahulu dilakukan uji coba validitas dan reliabilitas. Teknik sampling yang digunakan adalah Proporsional Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah Guru SMK Muhammadiyah di Kota Metro Lampung sejumlah 66 orang. Berdasarkan hasil perhitungan Model Summary maka didapat bahwa kepemimpinan kepala sekolah (X1) diketahui R = 0,704, berarti bahwa variabel kepemimpinan kepala sekolah memiliki kecenderungan sebesar 70,4% terhadap peningkatan kinerja guru. Komunikasi interpersonal (X2) diketahui nilai R 2 = 0,704, berarti bahwa variabel budaya sekolah memiliki kecenderungan sebesar 70,4% terhadap peningkatan kinerja guru. Secara bersama-sama di ketahui nilai R 2 = 0,716, berarti bahwa variasi nilai variabel kinerja guru (Y) yang bisa dijabarkan oleh model regresi adalah 71,6% dan selebihnya atau sebesar 28,4% variasi nilai variabel kinerja guru (Y) dipengaruhi oleh variabel di luar model regresi. Ada pengaruh yang positif dan signifikan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMK Muhammadiyah di Kota Metro Lampung yaitu sebesar 70,4%. Ada pengaruh yang positif dan siginifikan komunikasi interpersonal terhadap kinerja guru di SMK Muhammadiyah di 2 Kota Metro Lampung yaitu sebesar 70,4%. Ada pengaruh yang positif dan signifikan kepemimpinan kepala sekolah dan komunikasi interpersonal secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja guru di SMK Muhammadiyah di Kota Metro Lampung yaitu sebesar 71,6%.

Item Type: Thesis (Tesis (S2))
Additional Information: 008/PASCA MANAJEMEN PENDIDIKAN/2021
Uncontrolled Keywords: Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, Komunikasi interpersonal, terhadap kinerja guru
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Manajemen Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Administrasi Pendidikan
Depositing User: M Derie Santana
Date Deposited: 22 Mar 2022 02:13
Last Modified: 22 Mar 2022 02:13
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1265

Actions (login required)

View Item View Item