MANAJAMEN KOMPETENSI SOSIAL GURU DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SISWA DI PAUD TK NEGERI PEMBINA LAMPUNG TENGAH

widiastuti, novita (2021) MANAJAMEN KOMPETENSI SOSIAL GURU DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SISWA DI PAUD TK NEGERI PEMBINA LAMPUNG TENGAH. Tesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (855kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB) | Preview
Official URL: https://eprints.ummetro.ac.id

Abstract

Manusia adalah makhluk sosial sehingga sebagian besar dari kehidupannya melibatkan interaksi dengan orang lain, dengan demikian seseorang akan selalu berinteraksi satu sama lain. Guru perlu memiliki kemampuan sosial dalam rangka pelaksanaan proses pembelajaran yang efektif Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan manajemen kompetensi sosial guru melalui fungsi manajemen seperti perencanaa, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif, dengan sumber data 10 informan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan fenomenologi dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) perencanaan manajemen kompetensi sosial guru dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran siswa adalah melalui rapat antara kepala sekolah, pendidik, tenaga kependidikan dan komite sekolah yang di lengkapi dengan kegiatan utama antar guru, siswa dan orang tua siswa.(2) pengorganisasian manajemen kompetensi sosial guru dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran siswa berorientasi pada pembentukan tim guru sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya, (3) pelaksanaan manajemen kompetensi sosial guru dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran siswa berorientasi pada pemahaman sosialisasi kepada siswa, guru dan orang tua siswa.(4) pengawasan manajemen kompetensi sosial guru dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran siswa dilakukan melalui pengamatan harian oleh warga sekolah, dan secara berkala melalui supervisi guru oleh kepala sekolah dalam peningkatan efektivitas pembelajaran siswa.

Item Type: Thesis (Tesis (S2))
Additional Information: 024/PASCA MANAJEMEN PENDIDIKAN/2021
Uncontrolled Keywords: komptensi sosial guru, efektivitas pembelajaran siswa
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Manajemen Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Administrasi Pendidikan
Depositing User: M Derie Santana
Date Deposited: 22 Mar 2022 01:46
Last Modified: 22 Mar 2022 01:46
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1263

Actions (login required)

View Item View Item