PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA MA’ARIF NU 5 PURBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2021/2022

nugroho, himawan (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA MA’ARIF NU 5 PURBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (62kB) | Preview
Official URL: https://eprints.ummetro.ac.id

Abstract

Peran guru bukan hanya satu-satunya sumber belajar akan tetapi sebagai mediator dan fasilitator dalam rangka membantu optimalisasi belajar siswa. Metode yang digunakan sudah cukup variatif, tetapi masih banyak siswa yang belum mencapai hasil belajar sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk ’untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Word Square terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Ma’arif NU 5 Purbolinggo Tahun Pelajaran 2021/2022. Metode penelelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimental dengan menggunakan analisis data kuantitatif. Bentuk desain eksperimen yang digunakan adalah Quasi Experimental Design jenis Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian yaitu siswa kelas X4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X1 sebagai kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan. Sampel ditentukan dengan cara Purposive Sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan soal tes dan analisis data menggunakan uji regresi liner sederhana. Berdasarkan hasil penelitian dengan penghitungan analisis data diperoleh nilai thitung > ttabel, dan terlihat bahwa pada taraf signifikan 5% yaitu 3,005 > 1,71, yang dapat dilihat pada daftar G tabel statistik, maka hipotesis diterima. Pengaruh Word Square terhadap hasil belajar ekonomi siswa dapat dilihat pada perbandian hasil Pre-test dan Post-test yaitu 64,3% meningkat menjadi 72,7% dan peningkatan rata-rata 8,4%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan pembelajaran Word Square berpengaruh terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Ma’arif NU 5 Purbolinggo Tahun Pelajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 002/Pend. Ekonomi/2021
Uncontrolled Keywords: Word Square, Hasil Belajar, Ekonomi
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Ilmu Ekonomi
300 Ilmu Sosial > Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: M Derie Santana
Date Deposited: 25 Feb 2022 03:07
Last Modified: 25 Feb 2022 03:07
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1196

Actions (login required)

View Item View Item