PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SDIT WAHDATUL UMMAH METRO LAMPUNG

Warisa, Eka Cahya (2021) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SDIT WAHDATUL UMMAH METRO LAMPUNG. Tesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (849kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf

Download (192kB) | Preview
Official URL: https://eprints.ummetro.ac.id/

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan 1) peran kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di SDIT Wahdatul Ummah Kota Metro Lampung. 2) Mendeskripsikan cara meningkatkan kompetensi profesional guru melalui peran kepala sekolah sebagai supervisor dan motivator di SDIT Wahdatul Ummah Kota Metro Lampung. 3) Mendeskripsikan kendala dan solusi peran kepala sekolah dalam meningkatkan profesional guru SDIT Wahdatul Ummah Kota Metro Lampung. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Menurut Suharsimi Arikunto (2006:12) penelitian deskriptif merupakan penelitian non hipotesis sehingga dalam langkah penelitiannya tidak perlu merumuskan hipotesis. Hasil penelitian diperoleh data : a) Perencanaan supervisi sudah dibuat dengan baik oleh kepala SDIT Wahdatul Ummah Kota Metro Lampung yang bertujuan untuk meningkatkan profesional guru. b) Pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah menggunakan strategi supervisi langsung yang dilakukan kepala sekolah dan supervisi tidak langsung dengan dibantu guru-guru senior yang memiliki kompetensi dibidangnya. c) Kepala sekolah melakukan evaluasi dengan memberi perbaikan dan motivasi kepada guru dari hasil catatan dan temuan-temuan pada saat pelaksanaan supervisi. Tindak lanjut yang dilakukan terhadap hasil supervisi adalah dengan mengadakan pelatihan/workshop/IHT, mengikutsertakan kegiatan KKG dengan guru-guru di sekolah dan guru-guru sekolah lain, menyarankan guru untuk berdiskusi dengan teman sejawat.

Item Type: Thesis (Tesis (S2))
Additional Information: 034/Pasca Manajemen Pendidikan/2021
Uncontrolled Keywords: Peran Kepala Sekolah, Guru Profesional
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Manajemen Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Dharma Prasetyawan
Date Deposited: 15 Feb 2022 06:11
Last Modified: 15 Feb 2022 06:11
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1126

Actions (login required)

View Item View Item