PELAKSANAAN SUPERVISI KLINIS DALAM UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU IPS DI SMP NEGERI 2 BEKRI LAMPUNG TENGAH

Priyanto, Dwi (2021) PELAKSANAAN SUPERVISI KLINIS DALAM UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU IPS DI SMP NEGERI 2 BEKRI LAMPUNG TENGAH. Tesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (867kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (523kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (506kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (113kB) | Preview
Official URL: http://eprints.ummetro.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pelaksanaan Supervisi Klinis dalam Upaya Peningkatan Kemampuan Guru IPS di SMP Negeri 2 Bekri Lampung Tengah, supervisi klinis adalah memberikan layanan dan bantuan untuk mengembangkan situasi belajar mengajar yang dilakukan guru di kelas untuk meningkatkan kualitas mengajar guru. Teknik pengumpulan data yang utama dalam penelitian kualitatif yaitu menggunakan daftar wawancara tertulis kepada informan, data yang diperoleh adalah data kualitatif. Selanjutnya untuk memperkuat dan mengecek validitas data hasil wawancara tersebut, maka dapat dilengkapi dengan observasi atau wawancara langsung kepada informan yang telah memberikan jawaban pertanyaan yang diajukan penulis, atau orang lain yang memahami masalah yang diteliti.. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 2 Bekri. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru dan obyek penelitian ini adalah pelaksanaan supervisi Pelaksanaan Supervisi Klinis dalam Upaya Peningkatan Kemampuan Guru IPS.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi klinis digunakan Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Bekri Lampung Tengah untuk menganalisis berbagai permasalahan guru IPS, dan membantu guru IPS untuk memecahkan permasalah dalam hubungannya dengan berbagai kegiatan dalam proses pembelajaran, Supervisi Klinis dilakukan Kepala sekolah dengan lebih menitik beratkan kepada pendekatan kekeluargaan sehingga kepala sekolah dapat membantu memahami kemampuan guru dalam menguasai bahan pembelajaran, mengelola bahan pembelajaran. mengelola kelas, menggunakan media pembelajaran, mengelola interaksi pembelajaran serta menilai prestasi peserta didik yang menjadi fenomena ketidakoptimalan kegiatan yang terjadi di SMP Negeri 2 Bekri Lampung Tengah. Dalam menguasai bahan pembelajaran guru mempelajari secara tekstual sehingga fenomena-fenomena yang muncul sebagai bentuk pembaharuan sesuai dengan kemajuan teknologi

Item Type: Thesis (Tesis (S2))
Additional Information: 053/Pasca Biologi/2021
Uncontrolled Keywords: Supervisi Klinis, Peningkatan Kemampuan Guru.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Manajemen Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Lina Septriani S
Date Deposited: 10 Feb 2022 03:47
Last Modified: 10 Feb 2022 03:47
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1100

Actions (login required)

View Item View Item