PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN IPS TERPADU DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 BATANGHARI

MARSELA, MARSELA (2021) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN IPS TERPADU DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 BATANGHARI. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (762kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (107kB) | Preview
Official URL: http://eprints.ummetro.ac.id/

Abstract

Buku pengayaan merupakan bahan ajar yang digunakan sebagai penunjang atau pelengkap dari buku utama untuk memperdalam penguasaan materi secara optimal bagi peserta didik yang memperoleh nilai diatas KKM. Namun, tidak semua peserta didik yang memperoleh nilai diatas KKM diberikan pengayaan. Tujuan dari Penelitian ini adalah menghasilkan buku pengayaan IPS Terpadu dengan pendekatan kontekstual kelas VIII di SMP Negeri 1 Batanghari yang valid dan praktis. Penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D. Model ini terdiri dari 4 tahap pengembangan, yaitu Define, Design, Development, Disseminate yang diadaptasi menjadi 4D, yaitu pendefinisian, perencanaan, pengembangan dan penyebaran. Proses pembuatan buku pengayaan diawali dengan tahap validasi oleh dua ahli desain dan satu ahli materi. Buku pengayaan juga diujicobakan dalam kelompok kecil untuk melihat respon peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Batanghari. Hasil penelitian menunjukan bahwa buku pengayaan ini layak digunakan dalam pembelajaran. Hal ini ditunjukan dengan hasil validasi ahli desain satu dengan persentase 83% dengan kriteria sangat kuat, hasil penilaian ahli desain dua dengan persentase 90% dengan kriteria sangat kuat, hasil penilaian ahli materi dengan persentase 90% dengan kriteria sangat kuat dan hasil ujicoba dengan kelompok kecil sebanyak sepuluh dari tiga puluh peserta didik dengan persentase 89,9% termasuk kedalam standar sangat kuat. Berdasarkan persentase yang diperoleh, buku pengayaan dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan sebagai bahan ajar untuk menerapkan program pengayaan.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Creators:
CreatorsNIM/NPMEmail
MARSELA, MARSELANIM17210011UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorRatnawuri, Trianinidn0210078601UNSPECIFIED
Thesis advisorAnggia Dewi, Tiaranidn0219019102UNSPECIFIED
Thesis advisorNingrum, Ningrumnidn0025035801UNSPECIFIED
Additional Information: 023/Pend. Ekonomi/2021
Uncontrolled Keywords: Buku Pengayaan, Kontekstual, Bahan Ajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Ilmu Ekonomi
300 Ilmu Sosial > Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: M Derie Santana
Date Deposited: 26 Jan 2022 06:46
Last Modified: 26 Jan 2022 06:46
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/983

Actions (login required)

View Item View Item