PENGARUH VARIASI DOSIS PUPUK ORGANIK LIMBAH CAIR NANAS (LCN) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN SELADA (Lactuca Sativa L) SEBAGAI PANDUAN PRAKTIKUM BERBASIS SAINTIFIK PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN

Muarif, Moh (2020) PENGARUH VARIASI DOSIS PUPUK ORGANIK LIMBAH CAIR NANAS (LCN) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN SELADA (Lactuca Sativa L) SEBAGAI PANDUAN PRAKTIKUM BERBASIS SAINTIFIK PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN. Tesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (644kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Literature.pdf

Download (195kB) | Preview
Official URL: http://eprints.ummetro.ac.id

Abstract

Selada (Lectuca sativa L) merupakan merupakan jenis tanaman sayur daun dan sudah dikenal oleh banyak kalangan masyarakat. Daun selada kaya akan antioksidan berupa betakarotin, folat, dan lutein serta mengandung indol yang berkhasiat melindungi tubuh dari serangan kanker dan memperlancar pencernaan. Untuk memperoleh tanaman selada yang baik dan sehat perlu diperhatikan penggunaan pupuk dalam penanaman selada. Pupuk merupakan sumber hara yang sangat penting yang digunakan tumbubhan sebagai asupan nutrisi pertumbuhan tanaman selada tersebut. Salah satu bahan organik yang dapat dijadikan sebagai stater pengurai pupuk organik adalah pupuk organik limbah cair nanas (LCN). Pemanfaatan limbah cair nanas dapat dilakukan dengan teknik bioremediasi, sehingga hasil akhirnya adalah berupa pupuk cair organik limbah cair nanas yang sudah bisa langsung digunakan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari variasi dosis pupuk organik limbah cair nanas (LCN) terhadap pertumbuhan selada, mengetahui pengaruh dari variasi dosis pupuk organik limbah cair nanas (LCN) terhadap produksi selada selada (Lactuca sativa L), mengetahui pengaruh dari variasi dosis pupuk organik limbah cair nanas (LCN) terhadap pertumbuhan selada serta potensinya sebagai bahan pembuatan panduan praktikum. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 1 perlakuan sebagai kontrol dan 3 perlakuan dengan variasi dosis 5%, 10%, dan 15%. Penelitian dilakukan sebanyak 5 kali ulangan. Waktu penelitian ini dilakukan selama 30 hari. Parameter yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tinggi tanaman, diameter batang dan berat basah tanaman selada, dengan data pendukung berupa jumlah daun. Data utama ditabulasikan dan dianalisis menggunakan aplikasi SPSS 25.0 yang meliputi Multivariate Analiysis of Variance (MANOVA). Berdasarkan hasil penelitain dapat diketahui bahwa 1) terdapat pengaruh pemberian variasi dosis pupuk organik limbah cair nanas (LCN) terhadap pertumbuhan tanaman selada. 2) terdapat pengaruh pemberian variasi dosis pupuk organik limbah cair nanas (LCN) terhadap produksi tanaman selada. 3) terdapat pengaruh pemberian variasi dosis pupuk organik limbah cair nanas (LCN) terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman selada serta 4) Produk hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai panduan praktikum biologi materi pertumbuhan dan perkembangan.

Item Type: Thesis (Tesis (S2))
Creators:
CreatorsNIM/NPMEmail
Muarif, Mohnim18230005UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSujarwanta, Agusnip196310051988031005UNSPECIFIED
Thesis advisorSantoso, Handokonip196012231967031003UNSPECIFIED
Thesis advisorMuhfahroyin, MuhfahroyinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Additional Information: 019/Pasca Biologi/2020
Uncontrolled Keywords: variasi dosis, pupuk organik limbah cair nanas (LCN), pertumbuhan,produksi,panduan praktikum
Subjects: 500 Ilmu Murni > Biologi, Ilmu Hayati
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Biologi (S2)
Depositing User: editor library ummetro
Date Deposited: 20 Oct 2020 02:01
Last Modified: 20 Oct 2020 02:02
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/98

Actions (login required)

View Item View Item