PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI SISTEM EKSRESI PADA MANUSIA PADA SISWA KELAS VIII SMPN 2 RAMAN UTARA

Indriyani, Dian (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI SISTEM EKSRESI PADA MANUSIA PADA SISWA KELAS VIII SMPN 2 RAMAN UTARA. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (969kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (303kB) | Preview
Official URL: https://eprints.ummetro.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi Sistem Eksresi pada Manusia di SMPN 2 Raman Utara. Jenis penelitian ini adalah eksperimental dengan rancangan menggunakan Posttest Only Control Design, peneliti menggunakan instrument berupa butir soal tes essay (uraian) yang digunakan peneliti untuk mengukur kemampuan peserta didik setelah melakukan proses belajar dengan menggunakan model pembelajaran Discovey Learning. peneliti menggunakan 2 kelompok dengan design penelitian yaitu kelompok kontrol dengan menggunakan model pembelajaran Direct Learning dengan metode tanya jawab individu dan kelompok eksperimen menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dengan metode diskusi kelompok. Data penelitian diuji hipotesis dengan uji kesamaan dua rata-rata dan uji perbedaan dua rata-rata. Hasil uji dengan uji normalitas menunjukan X 2 hit = 9,93 > X = 11,07 pada α=0,05, kemudian pada uji kesamaan dua rata-rata t yaitu 17,9 > 2,01 ( = 5%) Sehingga ada pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi Sistem Eksresi pada Manusia di SMPN 2 Raman Utara. Kata kunci: model pembelajaran Discovery Learning; hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 023/Pend. Biologi/2021
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Discovery Learning, Hasil Belajar Siswa
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Pendidikan
500 Ilmu Murni > Biologi, Ilmu Hayati
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Feri Apriyanto
Date Deposited: 25 Jan 2022 07:41
Last Modified: 26 Jan 2022 03:17
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/959

Actions (login required)

View Item View Item