PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, DAN REVIEW) PADA MATERI PERJUANGAN KERAJAAN BANTEN MELAWAN PENJAJAHAN BELANDA KELAS XI IPS SEMESTER GANJIL SMA NEGERI 1 SEKAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

SUSANAWATI, VERONIKA (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, DAN REVIEW) PADA MATERI PERJUANGAN KERAJAAN BANTEN MELAWAN PENJAJAHAN BELANDA KELAS XI IPS SEMESTER GANJIL SMA NEGERI 1 SEKAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (65kB) | Preview
Official URL: http://eprints.ummetro.ac.id/

Abstract

Modul pembelajaran adalah salah satu media yang dapat dimanfaatkan untuk belajar peserta didik. Modul perlu dan penting untuk dibuat dan dikembangkan agar peserta didik lebih mudah untuk memahami materi pelajaran. Tujuan dari pengembangan modul berbasis PQ4R ini adalah untuk menghasilkan modul atau produk yang teruji oleh ahli atau pakar baik secara isi materi maupun desain modul. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian pengembangan yang dilakukan mengacu pada penelitian 4D dengan mengunakan model pengembangan sampai ke produk teruji. Pengembangan produk meliputi: identifikasi potensi dan masalah, kajian literatur dan penelitian relevan, desain produk, validasi produk, dan desain teruji. Hasil penelitian ini bahwa validasi produk yakni modul berbasis PQ4R dilakukan sebanyak dua kali. Pada tahap pertama dilakukan validasi pada aspek desain dan aspek materi modul. Pada aspek desain diperoleh tingkat kelayakan modul sebesar 62,5% dengan kategori layak. Kemudian pada aspek materi diperoleh persentase kelayakan sebesar 69,2%. Setelah produk direvisi sesuai saran, maka dilakukan validasi kembali. Pada validasi kedua diperoleh persentase kelayakan pada aspek desain sebesar 87% dan pada aspek materi 84% dengan kriteria kelayakan sangat layak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk atau modul yang dikembangkan telah teruji oleh para pakar dengan kriteria sangat layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Creators:
CreatorsNIM/NPMEmail
SUSANAWATI, VERONIKANIM14220017UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSetiawati, Ellisnidn0024036201UNSPECIFIED
Thesis advisorKuswono, Kuswononidn0229118701UNSPECIFIED
Thesis advisorHidayat, Bobinidn0219098502UNSPECIFIED
Additional Information: 019/Pend. Sejarah/2021
Uncontrolled Keywords: modul, pembelajaran, PQ4R
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Pendidikan
900 Sejarah dan Geografi > Ilmu Sejarah
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: M Derie Santana
Date Deposited: 25 Jan 2022 07:13
Last Modified: 25 Jan 2022 07:13
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/955

Actions (login required)

View Item View Item