PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS SCAN BARCODE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI INTERAKSI SOSIAL DAN LEMBAGA SOSIAL KELAS VII SMP PGRI 1 BATANGHARI

Widiawati, Widiawati (2021) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS SCAN BARCODE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI INTERAKSI SOSIAL DAN LEMBAGA SOSIAL KELAS VII SMP PGRI 1 BATANGHARI. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf

Download (90kB) | Preview
Official URL: http://eprints.ummetro.ac.id/

Abstract

Media pembelajaran yang digunakan peserta didik di SMP PGRI 1 Batanghari berupa buku cetak dan tidak semua peserta didik memiliki buku cetak sehingga untuk mempelajari materi pembelajaran siswa mengalami kesulitan dikarenakan materi tersebut tidak dijelaskan dan ditegaskan kembali sehingga sulit untuk dipahami oleh peserta didik. Sehingga peneliti berupaya mengembangkan sebuah media pembelajaran berupa modul berbasis scan barcode untuk memudahkan peserta didik dalam memahami materi yang di pelajari. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran modul ilmu pengetahuan sosial berbasis Scan Barcode yang valid dan praktis. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model pengembangan 4D. Model ini terdiri dari 4 tahap pengembangan, yaitu Define, Design, Development, dan Disseminate yang diadaptasi menjadi 4D, yaitu pendefinisian, perencanaan, pengembangan dan penyebaran. Penelitian dan pengembangan dari media pembelajaran modul berbasis scan barcode ini dilakukan untuk menghasilkan media pembelajaran yang valid dan praktis. Divalidasi oleh 3 ahli yaitu, ahli media, ahli desain, dan ahli materi, serta diuji coba kepada peserta didik sebanyak 15 orang untuk mengetahui respon peserta didik. Hasil validasi ahli media sebesar 90% sehingga dinyatakan Sangat Kuat atau Sangat Valid. Hasil validasi ahli desain mendapatkan sebesar 78% sehingga dinyatakan Kuat atau Valid. Kemudian hasil validasi ahli materi sebesar 92% sehingga dinyatakan Sangat Kuat atau Sangat Valid. Dan hasil dari rekapitulasi data respon peserta didik sebesar 89,2% dan dinyatakan sangat praktis. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba respon peserta didik maka produk modul berbasis Scan Barcode valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Creators:
CreatorsNIM/NPMEmail
Widiawati, Widiawatinim17210013UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorRatnawuri, Trianinidn0210078601UNSPECIFIED
Thesis advisorNingrum, Ningrumnidn0025035801UNSPECIFIED
Thesis advisorPritandhari, Meytanidn0225059001UNSPECIFIED
Additional Information: 011/Pend.Ekonomi/2021
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Modul, Scan Barcode
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Dharma Eko Prasetyawan
Date Deposited: 25 Jan 2022 02:43
Last Modified: 25 Jan 2022 02:43
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/945

Actions (login required)

View Item View Item