PERAN HANSIP KOMBAT DALAM PENUMPASAN PARTAI KOMUNIS INDONESIA DI KECAMATAN TRIMURJO KABUPATEN LAMPUNG TENGAH TAHUN 1965-1967

pranata, ardian (2021) PERAN HANSIP KOMBAT DALAM PENUMPASAN PARTAI KOMUNIS INDONESIA DI KECAMATAN TRIMURJO KABUPATEN LAMPUNG TENGAH TAHUN 1965-1967. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (693kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (695kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (110kB) | Preview
Official URL: http://eprints.ummetro.ac.id/

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan terbentunya hansip kombat di Trimurjo. mendeskripsikan pola perekrutan hansip kombat di Trimurjo, mendeskripsikan peran hansip dalam penumpasan anggota Partai Komunis Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian historis. Penelitian ini dilakukan di perpustakaan UM Metro dengan mengkaji literatur mengenai partai komunis Indonesia, dan di Kecamatan Trimurjo dengan melakukan wawancara dengan anggota hansip kombat di Trimurjo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Hansip kombat di Trimurjo dibentuk pada tahun 1967 sebagai anggota partisipan dalam menjaga keamanan dan ketertban masyarakat. Selain itu, tugas tambahan dari hansip kombat adalah membantu pihak militer dalam menangkap dan membasmi anggota Partai Komunis Indonesia di Trimurjo. Adapun pola perekrutan Hansip Kombat dilakukan secara bebas, berlaku bagi siapa saja yang ingin mengabdi pada negara. Penumpasan anggota Partai Komunis Indonesia di lakukan setelah anggota Hansip mendapatkan mandat atau surat tugas dari atasan. Penangkapan dilakukan pada waktu malam hari. Setelah ditangkap anggota PKI di giring ke Kodim untuk di interogasi dan di eksekusi. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Hansip Kombat di Indonesia mulai terbentuk sejak pemerintahan kolonial Hindia-Belanda. Pada saat itu, pertahanan sipil atau Hansip masih berbentuk pasukan keamanan (LBD). DI Kecamatan Trimurjo, terbentuknya Hansip Kombat diawali dengan upaya pemerintah dalam meningkatkan keamanan rakyat. Pola Perekrutan Hansip Pada Umumnya pasca Kemerdekaan adalah dilakukan secara swadaya atau atas inisiatif dan kesadaran masayarakat Indonesia. Turut serta hansip pada masa itu adalah mengawal dan ikut menangkap anggota-anggota Komunis yang masih ada saat itu. Anggota komunis saat itu merasa pasrah dan tidak melakukan perlawanan sama sekali saat ditangkap.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Creators:
CreatorsNIM/NPMEmail
pranata, ardianNIM15220028UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorKuswono, Kuswononidn0229118701UNSPECIFIED
Thesis advisorHartati, Uminidn0226129001UNSPECIFIED
Thesis advisorSumiyatun, Sumiyatunnidn0010105801UNSPECIFIED
Additional Information: 025/Pend. Sejarah/2021
Uncontrolled Keywords: Hansip Kombat, Partai Komunis Indonesia
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Pendidikan
900 Sejarah dan Geografi > Ilmu Sejarah
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: M Derie Santana
Date Deposited: 24 Jan 2022 08:03
Last Modified: 24 Jan 2022 08:03
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/936

Actions (login required)

View Item View Item