PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCAFFOLDING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PESERTA DIDIK SMP NEGERI 4 METRO TAHUN PELAJARAN 2020/2021

SAPUTRA, RENDI (2021) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCAFFOLDING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PESERTA DIDIK SMP NEGERI 4 METRO TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (727kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (728kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB) | Preview
Official URL: http://eprints.ummetro.ac.id/

Abstract

Kemampuan siswa dalam memahami konsep matematika diharapkan dapat menumbuhkan dan mengembangkan pembelajaran matematika. Namun pada pembelajaran matematika yang terjadi di kelas VII SMP Negeri 4 Metro pemahaman konsep matematika siswa masih rendah. Selama proses pembelajaran siswa cenderung menghafal konsep yang diberikan. Persyaratan pemahaman konsep matematika siswa masih rendah. Pendekatan scaffolding berbasis problem solving diharapkan dapat memudahkan siswa dalam memahami konsep dengan lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah pemahaman konsep matematika siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan scaffolding lebih baik daripada pemahaman konsep matematika yang dibelajarkan oleh siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Metro. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu yaitu dengan memberikan perlakuan yang berbeda kepada dua kelas yang berbeda, berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematika setelah diterapkan pendekatan scaffolding lebih baik daripada pemahaman konsep matematika setelah penerapan pendekatan scaffolding. Penerapan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Metro.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 014/Pend.Matematika/2021
Uncontrolled Keywords: Konsep Pengaruh, Pemahaman Matematika, Pendekatan Scaffolding
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Pendidikan
500 Ilmu Murni > Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: M Derie Santana
Date Deposited: 20 Jan 2022 03:17
Last Modified: 20 Jan 2022 03:17
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/909

Actions (login required)

View Item View Item