PENGEMBANGAN MULTIMEDIA BERBASIS HTML5 (Hypertext Markup Language version 5) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI PASAR MODAL KELAS X SMK NEGERI 1 MENGGALA

Nikmah, Lili Ulin (2021) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA BERBASIS HTML5 (Hypertext Markup Language version 5) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI PASAR MODAL KELAS X SMK NEGERI 1 MENGGALA. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf

Download (202kB) | Preview
Official URL: https://eprints.ummetro.ac.id/

Abstract

Media pembelajaran yang digunakan peserta didik di SMK Negeri 1 Menggala berupa power point sederhana yang dipadukan dengan buku cetak sehingga untuk mempelajari materi pembelajaran peserta didik mengalami kesulitan dikarenakan materi yang disajikan kurang lengkap dan cenderung membosankan sehingga peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi pelajaran. Peneliti berupaya mengembangkan sebuah media pembelajaran berupa multimedia berbasis HTML 5 (Hypertext Markup Language version 5) untuk membantu peserta didik dalam memahami materi pelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran multimedia berbasis HTML 5 (Hypertext Markup Language version 5) yang valid dan praktis. Penelitian yang dilakukan menggunakan R&D (Reseach and Development) atau penelitian pengembangan dan model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model pengembangan ADDIE, model ini terdiri dari 5 tahapan pengembangan, yaitu tahap Analisis (Analysis), tahap Perancangan (Design), tahap Pengembangan (Development), tahap Implementasi (Implementation), dan tahap Evaluasi (Evaluation). Penelitian dan pengembangan dari media pembelajaran multimedia berbasis HTML 5 (Hypertext Markup Language version 5) ini dilakukan untuk menghasilkan media pembelajaran yang valid dan praktis. Divalidasi oleh 3 orang ahli yaitu 2 ahli media dan 1 ahli materi, serta diujicobakan kepada kelompok kecil peserta didik sebanyak 10 orang untuk mengetahui respon peserta didik. Hasil validasi ahli media 1 memperoleh presentase sebesar 81% dengan kriteria Sangat Layak atau Sangat Valid. Hasil validasi ahli media 2 memperoleh presentase sebesar 95,6% dengan kriteria Sangat Layak atau Sangat Valid. Kemudian hasil validasi ahli materi memperoleh presentase sebesar 88,4% dengan kriteria Sangat Layak atau Sangat Valid. Dan hasil dari rekapitulasi data respon peserta didik memperoleh presentase sebesar 90% termasuk dalam kriteria Sangat Kuat atau Sangat Praktis. Berdasarkan presentase yang diperoleh maka multimedia berbasis HTML5 (Hypertext Markup Language version 5)dinyatakan valid dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Creators:
CreatorsNIM/NPMEmail
Nikmah, Lili Ulinnim17210003UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorNingrum, Ningrumnidn0025035801UNSPECIFIED
Thesis advisorPritandhari, Meytanidn0225059001UNSPECIFIED
Thesis advisorRatnawuri, Trianinidn0210078601UNSPECIFIED
Additional Information: 013/Pend.Ekonomi/2021
Uncontrolled Keywords: HTML5, Media Pembelajaran, Multimedia
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Ilmu Ekonomi
000 Karya Umum > Web dan Pemrograman
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Dharma Eko Prasetyawan
Date Deposited: 20 Jan 2022 02:55
Last Modified: 20 Jan 2022 02:55
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/907

Actions (login required)

View Item View Item