PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MEMBANTU MENINGKATKAN MENGELOLA EMOSI PESERTA DIDIK YANG ORANG TUANYA BROKEN HOME DI SMA NEGERI 1 SEPUTIH SURABAYA

WINA MEILANI, PUTU (2021) PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MEMBANTU MENINGKATKAN MENGELOLA EMOSI PESERTA DIDIK YANG ORANG TUANYA BROKEN HOME DI SMA NEGERI 1 SEPUTIH SURABAYA. Skripsi (S1) thesis, https://ummetro.ac.id/.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (400kB) | Preview
Official URL: https://lib.ummetro.ac.id/

Abstract

Dalam penelitian ini fokus penelitian diarahkan pada peran guru bimbingan dan Konseling dalam membantu peserta didik meningkatkan pengelolaan emosi. Berdasarkan fokus masalah di atas, maka rumusan masalah penelitian yaitu: Bagaimanakah pengelolaan emosi peserta didik yang orang tuanya broken home? Bagaimana peran guru BK dalam membantu meningkatkan kemampuan mengelola emosi pada peserta didik yang orangtuanya broken home? Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Kehadiran peneliti sebagai pengumpul data penelitian sekaligus menganalisis data. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan lembar wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data deskriptif induktif. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa: Pengelolaan emosi peserta didik sebelum adanya peran dan campur tangan guru bimbingan dan konseling, kondisi pengelolaan emosinya masih kurang optimal. Hal ini ditandai dengan peserta didik belum mampu untuk mengatasi emosi yang bergejolak di dalam dirinya, kurang mampu menontrol emosi, masih berpikiran negatif, stres, dan menarikk diri dari pergaulan. Peran guru bimbingan dan konseling dalam membantu meningkatkan pengelolaa emosi peserta didik yakni guru bimbingan dan konseling selalu bertindak sebagai pembimbing, konselor, sahabat, penasehat, dan motivator bagi peserta didik. Melalui perannya tersebut pengelolaan emosi peserta didik perlahan-lahan menigkat dengan baik. .

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Creators:
CreatorsNIM/NPMEmail
WINA MEILANI, PUTUNIM17130024UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorWibowo, AgusNIDN0222118203UNSPECIFIED
Thesis advisorMudaim, MudaimNIDN0210117902UNSPECIFIED
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Additional Information: 039/Bimbingan & Konseling/2021
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Bimbingan dan konseling, Pengelolaan Emosi, Broken Home
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: M Derie Santana
Date Deposited: 17 Jan 2022 02:11
Last Modified: 17 Jan 2022 02:11
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/885

Actions (login required)

View Item View Item