PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DENGAN PENDEKATAN GUIDED DISCOVERY PADA MATERI KELANGKAAN DAN KEBUTUHAN MANUSIA KELAS VII SMP NEGERI 1 BATANGHARI

OCTAVIA, RITA (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DENGAN PENDEKATAN GUIDED DISCOVERY PADA MATERI KELANGKAAN DAN KEBUTUHAN MANUSIA KELAS VII SMP NEGERI 1 BATANGHARI. Skripsi (S1) thesis, https://ummetro.ac.id/.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (110kB) | Preview
Official URL: https://lib.ummetro.ac.id/

Abstract

Penyebab rendahnya pemahaman peserta didik dalam proses pembelajaran yaitu guru belum menyiapkan bahan ajar yang menarik sehingga peserta didik kurang aktif dan kurang termotivasi dalam proses pembelajaran. Bahan ajar yang digunakan berupa buku cetak dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dibuat oleh guru sangat sederhana dan kurang menarik peserta didik untuk membacanya, sehingga peserta didik kurang tertarik dalam proses pembelajaran. Maka perlu adanya cara agar peserta didik berperan aktif dalam proses pembelajaran. Salah satu solusi yang dapat diterapkan adalah dengan mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang berbeda dari sebelumnya yaitu Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan pendekatan guided discovery (penemuan terbimbing) yang dapat meningkatkan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran. Tujuan yang diharapkan yaitu, agar dapat mempermudah guru dalam menyampaikan materi yang akan di sampaikan agar terlihat lebih menarik dan tidak membosankan. Serta peserta didik lebih aktif dalam menambah pengetahuan yang dimilikinya dengan bimbingan dari guru. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model pengembangan 4D. Model ini terdiri dari 4 tahap pengembangan, yaitu Define, Design, Development, dan Disseminate yang diadaptasi menjadi 4D, yaitu pendefinisian, perencanaan, pengembangan dan penyebaran. Namun pada tahap Disseminate (penyebaran) tidak dilakukan karena keterbatasan waktu dan biaya yang diperlukan oleh peneliti sangat terbatas. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh data dari ahli desain dengan presentase sebesar 84% sehingga dinyatakan Sangat Kuat atau Valid. Kemudian dari penyajian ahli materi dengan presentase sebesar 89% sehingga dinyatakan Sangat Kuat atau Valid untuk digunakan. Selanjutnya hasil dari rekapitulasi data respon peserta didik dengan presentase sebesar 89,3% dan dinyatakan sangat praktis untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Creators:
CreatorsNIM/NPMEmail
OCTAVIA, RITANIM17210010UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorRatnawuri, TrianiNIDN0210078601UNSPECIFIED
Thesis advisorPriandhari, MeytaNIDN0225059001UNSPECIFIED
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Additional Information: 024/Pend.Ekonomi/2021
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Guided Discovery, Bahan Ajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Ilmu Ekonomi
300 Ilmu Sosial > Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: M Derie Santana
Date Deposited: 16 Dec 2021 07:38
Last Modified: 16 Dec 2021 07:38
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/877

Actions (login required)

View Item View Item